Pontianak  (Antara Kalbar) - Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, Andrinof Chaniago menyatakan dukungannya rencana Pemerintah Kota Pontianak dan Pemprov Kalimantan Barat yang akan membangun kawasan Sungai Kapuas Pontianak menjadi salah satu objek wisata air.

"Sore ini saya bersama rombongan melihat secara langsung potensi dari Sungai Kapuas Pontianak, yang kini belum termanfaatkan, agar kedepannya bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan ekonomi dan pariwisata Kota Pontianak, dan Kalbar umumnya," kata Andrinof Chaniago seusai meninjau Sungai Kapuas Pontianak, Jumat sore.

Ia menjelaskan kalau di negara lain dengan potensi sungai seperti Sungai Kapuas, bisa termanfaatkan jauh berkali-kali lipat manfaatnya dalam meningkatkan ekonomi dan pariwisata kota itu.

"Di negara lain, sungai besar seperti Sungai Kapuas Pontianak merupakan aset untuk menggerakkan ekonomi dan pariwisata, selain sebagai transportasi yang kini sudah termanfaatkan," ungkapnya.

Dengan demikian, kalau pemanfaatan Sungai Kapuas Pontianak sebagai kawasan ekonomi dan pariwisata, maka akan banyak menyerap lapangan kerja.

"Kalau program antara pemerintah kota, provinsi dan pusat disinkronkan dalam penataan Sungai Kapuas, dan kebersihannya juga dijaga, maka kedepannya akan menjadi tujuan objek wisata internasional," ujarnya.

Nah, menurut dia, saat ini bagaimana dalam membangunnya, itu yang masih perlu dipelajari, yakni seperti kota-kota sungai di luar negeri yang sudah sukses mengembangkannya.

Andrianof menambahkan, saat ini tahap pembangunan kawasan Sungai Kapuas sudah dimulai, seperti masterplan pembangunan sudah dibuat.

Dia menambahkan, sejak tahun 1771, Sungai Kapuas memiliki nilai budaya dan historis serta memegang peranan sangat penting dalam pengembangan kota bertipikal air, salah satunya kota Pontianak.


(U.A057/Y008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015