Sungai Raya, Kalbar (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali optimistis kabupaten yang dipimpinnya saat ini bisa menjadi daerah penyangga kebutuhan pangan di Kalimatan Barat.

"Saya optimistis jika dikawal dan mendapat perhatian yang optimal tidak menutup kemungkinan Kubu Raya akan menjadi kabupaten penyangga kebutuhan pokok beras di Kalimantan Barat. Makanya kami terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait agar peningkatan produktivitas petani di Kubu Raya bisa terealisasi," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Kamis.

Terkait hal tersebut, dia berharap pemerintah pusat bisa segera merealisasikan pembangunan waduk di Kubu Raya dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pengairan petani hingga air bersih.

"Sebelumnya saya pernah meminta secara langsung ke pak presiden Jokowi untuk membangun waduk di Kubu Raya. Salah satu tujuan pembangunan waduk tersebut yakni untuk memenuhi kebutuhan air bersih termasuk pengairan bagi para petani," katanya.

Selang beberapa bulan menyampaikan usulan tersebut, pemerintah pusat telah menerjunkan tim untuk melakukan studi kelayakan dikawasan tempat yang diusulkan untuk pembangunan waduk di Kubu Raya.

"Sekitar empat bulan lalu sudah ada tim dari pemerintah pusat yang meninjau langsung kondisi di lapangan, dan sampai sekarang saya masih terus menunggu tindak lanjut hasil dari studi kelayakan pembangunan waduk yang telah dilakukan pemerintah pusat itu," tuturnya.

Dia mengungkapkan, telah menyediakan sekitar 200 hektar lahan di kawasan Bintang Mas Kecamatan Rasau Jaya, untuk pembangunan waduk tersebut.

Dengan adanya waduk tersebut, diharapkan tidak hanya sekedar bisa mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat adanya waduk dengan kapasitas besar tersebut juga bisa membantu kebutuhan petani Kubu Raya dalam hal pengairan.

Sementara itu soal peningkatan produktivitas pertanian Rusman Ali mengaku pihaknya akan terus memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan petani dilapangan.

Sementara itu, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen Toto Rinanto Soedjiman mengaku pihaknya akan terus mendorong terealisasi peningkatan produktivitas hingga target swasembada pangan di Kalimantan Barat.

"Pada tahun 2015 ini kami sedang memfokuskan cetak sawah sekitar 1.000 hektar yang dipusatkan di Kabupaten Sanggau. Kami berharap dengan adanya perbaikan irigasi ditambah lagi dengan bantuan lainnya yang diberikan pemerintah akan mendorong maksimalnya hasil cetak sawah disana," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015