Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama PT Angakasa Pura melakukan kerja sama pembangunan jalan di sekitar Bandara Supadio Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Beberapa waktu lalu kita telah duduk bersama natara PT. Angkasa Pura, Dinas hubungan, Cipta Karya, TNI AU dan beberapa pihak terkait lainnya untuk membahas rencana pembangunan jalan disekitar bandara yang akan dilakukan oleh pihak pengelola bandara," kata Plt Sekda Kabupaten Kubu Raya Oedang Prasetyo di Sungai Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, terkait rencana pembangunan jalan tersebut, pihaknya telah melakukan kajian tata ruang agar tidak keluar dari rencana tata ruang Kubu Raya.

"Kita saat ini juga mengkaji terkait rencana pembangunan jalan itu, jika ada jalan yang bisa dilakukan sharing pembangunannya, maka akan kita lakukan. Namun jika itu masuk ke jalan Nasional atau provinsi, tentu itu akan kita lakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi," tuturnya.

Sebelumnya, General Manajer PT Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro mengatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan kawasan sekitar bandara.

"Saat ini, kita telah melakukan pengembangan tahap II untuk terminal kedatangan dan keberangkatan penumpang, demikian dengan beberapa perkantoran lainnya yang juga sudah mulai dikerjakan. Namun, kita juga akan melakukan pengembangan di sekitar kawasan bandara dan juga sedang dalam tahap pengerjaan," kata Bayuh.

Dia menambahkan, beberapa fasilitas pendukung seperti sarana infrastruktur dan jalan lingkungan di sekitar bandara sebelumnya juga sudah dilakukan, dimana pihaknya bekerja sama dengan Pemkab Kubu Raya telah melakukan pembangunan jalan di poros yang berada tepat di depan kantor Bupati Kubu Raya.

Nantinya, kata dia, akan ada pembangunan jalan penghubung menuju ke Bandara di dekat jalan tersebut, karena saat ini untuk kendaraan roda dua dan kendaraan yang menuju ke kargo, masih menggunakan jalan keluar dari bandara.

"Jika jalan itu sudah dibangun dan sudah jadi, maka akan ada perubahan untuk akses masuk dan keluar dari cargo. Selain itu, kita juga sedang melakukan pengembangan beberapa sarana perkantoran, dan bangunan penunjang lainnya," tuturnya.

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015