Ketapang (Antara Kalbar) - Pohon durian di Kabuapten Ketapang dan Kayong Utara sejak beberapa bulan lalu sudah mulai berbunga dan berbuah. Kini sebagian warga yang memiliki sudah ada yang mulai menjual buah duriannya.
    Pohon durian mulai berbunga dan berbuah sejak September 2015 lalu dan durian ini dinilai mulai lebih cepat berbuah dibandingkan dengan musim-musim durian tahun sebelumnya. Durian biasanya dapat dipetik setelah berbuah selama tiga-empat bulan kemudian.
    "Durian sudah dua minggu ini datang musim. Banyak masyarakat yang sudah  berjualan durian dipinggiran kota ketapang," kata Herman (45) salah satu pedagang durian, di Jl Gatoto Subroto Desa Payak Kumang Ketapang.
    Herman mengaku, senang sekali dengan datangnya musim durian ini. Sebab berjualan durian dijadikan sebagai tabungan tahunan baik dirinya dan masyarakat terutama sekali mereka-mereka yang memiliki pohon durian.
    Dalam semalam Herman bisa meraup untung Rp1 juta keatas, dari hasil jualan durianya. Apalagi saat ini musim buah durian di Ketapang baru berjalan dua pekan, jadi banyak masyarakat yang mulai mencicipi baik yang membeli untuk dimakan ditempat maupun di bawa pulang kerumah.
   "Sebab musim durian cuma satu kali setahun. Jadi kita dapat jual tahunan aja dalam sekali berjualan luamayanlah dapatnya kita. Hitung-hitung nabung dan dapat menambah pengeluaran hari-hari," ungkapnya.
    Menurut Herman, musin durian pada tahun ini belum teratur jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebab waktu duriannya mulai berbunga lebih teratur dan setelah buahnya besar muncul lagi bunga-bunga baru yang untuk menyusul buah yang sudah mulai membesar.
    "Jadi, besar kemungkinan panen durian pada tahun ini hanya sekali," kata Herman.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015