Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya, mengatakan dengan terpilihnya Kalbar tuan rumah pelaksanaan Pesona Smart Borneo Mupen KB On The Road Lintas Kalimantan, dan pencanangan BKKBN Sahabat Remaja, dapat memacu BKKBN Kalbar lebih baik lagi ke depan.

"Kita harapkan, kegiatan ini bisa menjadi pemicu bagi provinsi Kalimantan Barat untuk menjadi yang terbaik dalam pemanfaatan Mobil Unit Penerangan KB dalam pelaksanaan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Program Keluarga Berencana dan Program Pembangunan lainnya secara maksimal," kata Christiandy saat menghadiri kegiatan Pesona Smart Borneo Mupen KB On The Road Lintas Kalimantan, dan pencanangan BKKBN Sahabat Remaja di Pontianak, Jumat.

Dia juga berharap, BKKBN Kalbar agar busa melakukan pemberdayaan pemuda dan remaja di Provinsi Kalimantan Barat sebagai agen perubahan dalam upaya mewujudkan generasi berencana yang siap menyongsong momentum bonus Demografi dan Masyarakat Ekonomi Asia.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Kalbar tersebut diprakarsai oleh BKKBN dan KNPI yang diikuti oleh rombongan peserta dari seluruh Kalimantan yakni Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara serta Kalimantan Barat sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan.

Dalam kesempatan itu, Christiandy menyampaikan apresiasinya kepada BKKBN atas terpilihnya Kalbar sebagai tuan rumah tempat dilaksanakannya Pesona Smart Borneo Mupen On The Road serta Pencanangan BKKBN Sahabat Pemuda.

Christiandy menambahkan, kegiatan Pencanangan BKKBN Sahabat Pemuda telah dimulai, dan sebagai tuan rumah sudah menjadi keharusan bagi kita semua untuk memiliki tanggung jawab moral. Terutama jajaran BKKBN serta para Pemuda di seluruh Provinsi Kalbar untuk menindaklanjuti kegiatan ini dengan program-program dan aksi-aksi nyata dalam upaya memajukan pemuda dan remaja.

Kendati yang dicanangkan itu adalah BKKBN sahabat Pemuda, namun diimbau seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar, para pimpinan Organisasi Masyarakat dan kalangan swasta dan unsur lainnya untuk bersama-sama Pemerintah Provinsi Kalbar, BKKBN dan SKPD agar bisa menjadi sahabat bagi pemuda dan remaja, bergandengan tangan bersinergi untuk mewujudkan generasi berencana melalui pembinaan pemuda dan remaja Kalbar serta dapat menjadi pembina bagi mereka.

"Saya berharap kepada para pemuda dan remaja, untuk mengoptimalkan segala upaya untuk mempersiapkan diri menjadi sahabat BKKBN dan sahabat pemerintah, berinteraksi dengan baik sebagaimana layaknya sahabat, bersama-sama dalam suka dan duka, untuk mencapai tujuan, menyiapkan SDM yang berkualitas," tuturnya.

Para pemuda juga diharapkan agar mampu menghadapi berbagai perubahan, dan menjadi pelaku pembangunan, bersaing di Era Globalisasi, karena BKKBN tentunya tidak dapat bekerja sendiri, BKKBN membutuhkan mitra dan sahabat lain dalam melaksanakan program tersebut secara optimal.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015