Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya menyatakan akan terus meningkatkan koordinasi dengan dinas terkait di tingkat Provinsi Kalimantan Barat untuk melakukan evaluasi strategi peningkatan ketahanan pangan.

"Pada tahun ini kita mendapatkan beberapa program pertanian dari kementerian terkait yang disampaikan melalui dinas pertanian provinsi. Makanya kita akan meningkatkan koordinasi agar program yang dijalankan benar-benar bisa maksimal," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya, Gandhi Setyagraha di Sungai Raya, Kamis.

Dia menjelaskan, terkait berbagai program pertanian dan ketahanan pangan yang dilakukannya semua mengarah pada ketentuan dari hasil rakor ketahanan pangan provinsi.

"Namun ada beberapa kebijakan yang ditetapkan oleh bupati yang tentu perlu kita sinkronkan dengan program yang sudah ada," katanya.

Sementara Bupati Kubu Raya, Rusman Ali sebelumnya mengatakan akan terus fokus dan komitmen menjalankan program pembangunan bidang pertanian dan tanaman pangan, untuk mewujudkan sebagai kabupaten penyangga ketahanan pangan Kalbar.

"Kubu Raya ingin terus tampil sebagai penyangga pangan bagi Kalimantan Barat. Komitmen tersebut diikuti dengan perhatian dan bantuan bagi para kelompok tani di Kubu Raya lewat dinas dan instansi terkait," katanya belum lama ini.

Rusman Ali mengatakan komitmennya untuk membangun pertanian di Kubu Raya dari segala sektor sesuai dengan bidang mana yang bisa dikembangkan di daerah tersebut dan yang kelompok tani mampu untuk mengembangkannya.

Dijelaskan Rusman Ali, bantuan pertanian yang akan diberikan kepada kelompok-kelompok tani potensial akan disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi apa saja yang dapat dikembangkan di daerah tersebut.

Menurutnya persoalan pangan saat ini menjadi persoalan yang sangat serius dan Pemerintah harus ikut ambil bagian dalam menjaga pangan masyarakat.

"Minimal kita menjaga pangan kita di Kubu Raya, baru kita ikut ambil bagian dalam mengamankan pangan nasional. Kita lihat saat ini, persoalan pangan sudah sangat menjadi persoalan yang sangat serius yang mau tidak mau kita pemerintah juga harus ikut membantu masyarakat kita untuk semakin produktif dalam menciptakan dan meningkatkan hasil pertanian," kata Rusman Ali.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016