Putussibau (Antara Kalbar) - Polres Kapuas Hulu, Kalimantan Barat siap amankan hari Raya Idul Fitri, pos pengamanan dan pos pelayanan akan ditempatkan di sejumlah titik rawan di wilayah Kapuas Hulu.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin, Jumat, menjelaskan pihaknya membentuk lima pos pengamanan yang tersebar di sejumlah kecamatan di antaranya yiatu Kecamatan Silat, Kecamatan Badau, di Bandara Pangsuma Putussibau, di pusat Kota Putussibau, dan di pelabuhan atau dermaga Sungai Kapuas.

Sedangkan untuk pos pelayanan sebanyak 23 yang melibatkan seluruh Polsek di wilayah Kapuas Hulu.

"Seluruh Polsek di Kapuas Hulu dijadikan pos pelayanan bagi masyarakat yang mau beristirahat saat mudik apabila masyarakat ada yang capek," kata Sudarmin, di halaman Polres Kapuas Hulu.

Menurut Sudarmin, dalam pengamanan Lebaran kali ini pihaknya menurunkan sebanyak 350 personil yang akan disebar disejumlah titik - titik rawan di wilayah Kapuas Hulu.

"Saya berharap situasi dan kondisi Kapuas Hulu tetap kondusif," katanya.

Ia mengimbau bagi masyarakat yang mudik agar rumahnya benar-benar dijaga dan dikunci, terutama semua yang terkait berpotensi seperti kebakaran dan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Paling tidak masyarakat yang mudik dapat menitipkan rumahnya kepada tetangga, selian itu kami dari kepolisian juga akan secara rutin melaksanakan patroli," ujar Sudarmin.

Dikatakan Sudarmin, sejumlah titik di Kapuas Hulu rata-rata berpotensi dalam kerawanan, seperti halnya di perbatasan Indonesia - Malaysia, di Bandara.

"Makanya dalam penempatan porsenil bukan hanya Polri tetapi pihak TNI, POM, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, anak-anak Pramuka serta beberapa instansi masyarakat, sehingga saling bahu-membahu dalam menjaga situasi yang kondusif di wilayah Kapuas Hulu," kata dia. 

(KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016