Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua Kontingen Pesparawi Kabupaten Kubu Raya, Hermanus mengatakan optimistis tim yang dibawa olehnya bisa mempertahankan prestasi yang diraih selama ini oleh kabupaten itu, pada ajang tersebut.

"Perlombaan kategori musik etnik pada Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) VIII Kalimantan Barat menjadi kategori yang pertama dilombakan, dimana pada kategori ini, Kabupaten Kubu Raya selalu mendapat prestasi yang terbaik di kategori ini," kata Hermanus di Sungai Raya, Kamis.

Dia menuturkan, pada ajang Pesparawi VII lalu, Kubu Raya menjadi yang terbaik di kategori ini sehingga menjadi wakil Kalimantan Barat dalam ajang Pesparawi Nasional yang lalu.

"Selama keikutsertaan kita di Pesparawi, Kategori Etnik ini selalu mendapat prestasi terbaik bagi Kubu Raya demikian juga dengan kategori yang lain. Namun etnik ini seringkali menjadi milik Kubu Raya dan ini yang kita harus pertahankan," katanya.

Dijelaskan Hermanus, dari 12 Kategori yang dilombakan Kabupaten Kubu Raya mengikuti 11 Kategori. Satu kategori dimana Kubu Raya tidak mengutus wakilnya adalah Vokal Anak-anak Solo.

Hermanus mengharapkan agar kedepan bias menurunkan tim di semua kategori.

Terkait dengan Kategori etnik, Hermanus menilai ada keunikan tersendiri di kategori tersebut, dimana ditampilkan kreasi serta kekayaan budaya dengan tarian dan seni seraya memuliakan dan mengagungkan Tuhan.

"Dalam kategori etnik ini karena ada yang unik di antaranya, kita menampilkan tarian yang diiringi alat musik tradisional dengan mendengungkan puji-pujian kepada Tuhan lewat nyanyian yang diiringi tarian tradisional. Ini sangat bagus karena ada kekayaan budaya, kekayaan seni dan kekayaan kreatifitas yang ditampilkan," kata Hermanus.  

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016