Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak sedang membangun Taman Nostalgia di halaman depan kantor wali kota setempat yang akan dilengkapi dengan foto-foto tempo dulu kota itu.

"Dalam waktu tak lama lagi halaman Kantor Wali Kota Pontianak tidak lagi dengan hamparan rumput hijau, tetapi berubah total menjadi sebuah taman yang dinamakan Taman Nostalgia," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan taman itu akan dilengkapi dengan foto-foto Pontianak tempo dulu.

"Dinamai Taman Nostalgia karena kami ingin mengajak masyarakat terutama lanjut usia (lansia), kisaran 55 tahun ke atas atau pensiunan, yang ingin bernostalgia, bisa bersantai sambil menikmati masa-masa dulu ketika mereka masih berusia muda," ungkapnya.

Tidak hanya itu, di taman itu juga akan ditampilkan live music lagu-lagu keroncong, langgam, lagu-lagu daerah yang diisi oleh komunitas-komunitas daerah.

"Misalnya ada lagu Melayu, lagu Padang, Batak, Sunda, Jawa dan lain sebagainya. Kalau keroncong rutin, bisa sebulan sekali, bisa pula dua minggu sekali, tergantung pada komunitasnya nanti," kata Sutarmidji.

Untuk itu, ia mengajak para komunitas keroncong segera mempersiapkan diri sehingga ketika Taman Nostalgia yang diperkirakan tahun 2016 ini selesai dibangun, mereka sudah siap untuk tampil di taman itu.
"Rencananya, Taman Nostalgia akan diresmikan bertepatan dengan malam tahun baru 2017. Taman ini nantinya akan menjadi wadah komunitas yang cinta musik keroncong maupun lagu-lagu daerah menyalurkan bakat dan hobinya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sutarmidji menambahkan sepanjang tahun 2016 Pemkot Pontianak menambah empat fasilitas taman di Kota Pontianak sebagai tempat masyarakat berinteraksi atau bersosialisasi.

Taman Digulis akan dilengkapi dengan arena untuk anak-anak menyalurkan hobinya dalam atraksi sepeda BMX, letaknya di area jogging track.

"Kami juga menambah fasilitas taman digulis atau jogging track supaya lebih nyaman dan lebih menarik untuk masyarakat berkunjung ke taman itu," katanya.

Kemudian Taman Alun Kapuas, Pemkot Pontianak melakukan penataan lanjutan untuk menambah fasilitas arena bermain anak-anak. Sementara, Taman Akcaya yang tengah dikerjakan pembangunannya, diperkirakan baru akan selesai pada tahun 2017.

Taman yang terletak di Jalan Sultan Syahrir itu juga akan dilengkapi dengan area jogging track yang bagus. Panjang atau jarak tempuh jogging track di taman itu sama dengan yang ada di area Taman Digulis.

"Tidak itu saja, taman-taman seperti Taman Alun Kapuas, Taman Digulis dan Taman Akcaya juga akan dilengkapi dengan perpustakaan, baik dalam bentuk digital maupun buku-buku," katanya.

Dengan semakin lengkapnya fasilitas taman-taman tersebut, menurut dia, masyarakat akan banyak pilihan untuk melakukan kegiatan-kegiatan olahraga maupun untuk bersantai dengan nyaman.

Wilayah Kecamatan Pontianak Timur tak luput dari perhatian Pemkot Pontianak untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakatnya. Di Sekolah Terpadu yang terletak di Jalan Tanjung Raya II Pontianak Timur, Pemkot akan membangun jogging track mengelilingi sekolah tersebut. Masyarakat nantinya bisa memanfaatkan jogging track itu untuk berolahraga setiap akhir pekan.

Demikian pula di Pontianak Utara, jogging track akan dibangun di Gang Flora, atau alternatif lainnya di Tugu Khatulistiwa. "Saya lebih cenderung itu dibangun di Flora dekat eks sirkuit sebagai tempat masyarakat berolahraga karena di sana juga akan dibangun sekolah," katanya.

Dirinya pun mempersilakan komunitas-komunitas atau paguyuban kedaerahan yang ingin menampilkan kesenian musiknya, bisa memanfaatkan lokasi Kulminasi Matahari Tugu Khatulistiwa yang dilengkapi tribun berkapasitas sekitar 200 orang. Bila perlu, setiap dua pekan sekali komunitas itu bisa menampilkan kesenian musiknya di sana.

"Sekarang sudah waktunya Pontianak menambah fasilitas untuk kebahagiaan masyarakatnya. Semua itu kita persembahkan untuk masyarakat Pontianak," kata Sutarmidji.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016