Pontianak (Antara Kalbar) - Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat melaksanakan pelatihan keterampilan kerajinan UMKM yang diikuti 50 UMKM dari Kecamatan Sungai Ambawang dan Rasau Jaya.

Kegiatan pelatihan dua hari 21-22 Desember 2016 mengambil tema peningkatan kemampuan UMKM melalui pemanfaatan tanaman keladi air menjadi suatu produk yang dapat memiliki nilai tambah bagi ekonomi rumah tangga khususnya dan masyarakat pada umumnya, kata Kadis Koperasi dan UMKM Lilik Kurniasih di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengharapkan, pelatihan keterampilan tersebut dapat menumbuhkan kreatifitas UMKM yang berkualitas dan mampu dipasarkan.

Disamping itu, dikatakan Lilik kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menumbuhkan wirausaha baru yang dapat melahirkan produk-produk bermutu sebagai home industry.

"Di sini kita ingin membangun wirausaha yang produktif, kreatif dan inovatif yang nantinya memiliki industri rumahan yang siap dipasarkan. Sebagai upaya kita untuk mendukung percepatan pembangunan Kubu Raya dari sektor kemajuan ekonomi masyarakat," kata Lilik.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut peserta dilatih mengolah keladi air menjadi berbagai bentuk kerajinan. Diantaranya, berupa pot bunga, tusuk gigi, tempat tisu dan lain-lain .

"Keladi air ini di tempat kita sangat banyak dan mudah didapatkan bahan bakunya, karena keladi air ini juga dapat disulap menjadi berbagai jenis kerajinan yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi," ucapnya.

Untuk itulah kita mengadakan pelatihan ini, agar para UMKM Kubu Raya memiliki produk kerajinan alternatif dengan bahan dasar yang ramah lingkungan, katanya.

(KR-RDO/M019)

Pewarta: Rendra Extora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016