Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, berencana untuk melakukan pembentukan tiga kecamatan baru pada tahun ini.

"Sebagai upaya penyediaan layanan kepada masyarakat sedekat mungkin, salah satu langkah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat adalah dengan pemekaran Kecamatan," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali di Sungai Raya, Minggu.

Dirinya menjelaskan, pada tahun 2017 ini, ada tiga kecamatan baru yang menjadi agenda pemekaran. Yakni kecamatan Kumpai Raya, Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Kerta Moelia.

Rencana pembentukan Kecamatan Kumpai Raya adalah pemekaran dari Kecamatan Sungai Raya sedangkan Batu Ampar menjadi dua kecamatan, yakni Batu Ampar sendiri dengan ibu kotanya di Batu Ampar dan Padang Tikar dengan Ibu Kota di Padang Tikar.

"Sementara Kecamatan Kerta Moelia adalah penggabungan dari sebagian desa dari kecamatan Kubu dan Teluk Pakedai.

"Kita menyadari bahwa wilayah kita ini sangat luas. Bahkan kecamatan saja jarak antar desa dengan ibu kota kecamatan sangat jauh. Untuk itu, agar rentang kendali jarak pelayanan kepada masyarakat semakin dekat, maka kita harus mekarkan wilayahnya agar percepatan pembangunan juga bisa dilakukan," tuturnya.

Rusman Ali mengharapkan dukungan dari masyarakat dan Kepala Desa, agar prosesnya dapat segera dilaksanakan. Dikatakan Rusman Ali satu hal yang sangat penting adalah mengenai letak ibu kota kecamatan. Ibu kota kecamatan harus disepakati dengan betul oleh masyarakat dan Desa-desa yang tergabung dalam kecamatan tersebut.

"Disamping persyaratan lain yang harus dipenuhi, yang juga sangat penting adalah kesepakatan atas letak ibu kota kecamatan. Karena kaitannya dengan pusat pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Mantan anggota DPR RI ini juga menjelaskan bahwa tiga kecamatan tersebut sudah masuk dalam program kerja 2017. Baik dari segi penganggaran maupun pembahasan bersama DPRD dan kajian teknis dari instansi terkait.

Ditempat yang sama, anggota DPRD Kubu Raya yang duduk di komisi satu Lendeng Syahrani, membenarkan bahwa ketiga kecamatan baru tersebut sudah masuk dalam rencana kerja DPRD Kubu Raya bersama Pemerintah pada tahun 2017 ini.

"Sudah masuk dalam rencana kerja DPRD, diharapkan tahun ini bisa direalisasikan," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017