Pontianak (Antara Kalbar) - Ratusan anak-anak dari sejumlah pendidikan anak usia dini (PAUD) mendatangi Pangkalan TNI AU Supadio untuk melihat berbagai alutsista yang terdapat di satu-satunya pangkalan udara di Pulau Kalimantan yang memiliki skadron udara.
    Secara keseluruhan ada 207 anak-anak yang didampingi 20 guru dan ratusan orang tua menyaksikan alutsista berupa pesawat Hawk 100/200 dan senjata Oerlicon milik Denhanud 473.
    Salah satu guru, Suwarni (30)  mengatakan bahwa anak-anak Paud yang datang ke Skadron Udara 1 ini merupakan gabungan dari Paud Taman Pena, Paud Siratul Janna, Paud Cahaya, Paud Muslimin dan Paud Anggrek yang berada di wilayah Kabupaten Kubu Raya.
    "Kami berterima kasih kepada Komandan Lanud yang telah memberikan ijin untuk mengunjung Skadron.  Kedatangan anak-anak ke sini melaksanakan wisata dirgantara dan mengenalkan mereka kepada pesawat militer atau pesawat tempur.  Kedepan agenda kunjungan seperti ini akan menjadi kurikulum sekolah karena banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari kunjungan ini," kata dia.
    Sementara itu Rani (5) merasa senang sekali bisa datang ke Skadron dan bisa melihat pesawat tempur.  "Pesawat tempur ini sering melintas di atas rumah, suaranya kencang sekali.  Sekarang saya dapat melihat pesawat tempur dari dekat dan bisa memegangnya," kata dia.
    Kasibinpotdirga Lanud Supadio Mayor Pas Catur Yanuar Prajoko menerangkan dari tahun ke tahun jumlah masyarakat atau anak-anak sekolah yang berkunjung ke Skadron Udara 1 cenderung meningkat.   Hal ini tentunya sangat baik sekali karena pembinaan potensi dirgantara berjalan sesuai dengan harapan kita semua.
    "Untuk hari ini saja ratusan anak-anak Paud gabungan dari 5 sekolah berkunjung ke Skadron Udara 1 dan Denhanud 473 Paskhas.  Mereka datang dengan kendaraan sendiri dan didampingi oleh guru dan orang tua masing-masing.  Kedepan masih banyak lagi masyarakat ataupun dari anak-anak sekolah datang berkunjung ke Skadron," ujar Pamen yang ikut mendampingi anak-anak Paud.  
   Lanud Supadio merupakan salah satu pangkalan induk yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Untuk wilayah pulau Kalimantan, Lanud Supadio menjadi satu-satunya pangkalan Angkatan Udara yang mempunyai Skadron Udara yaitu Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 51 serta diperkuat dengan Batalyon 465 Paskhas dan Denhanud 473 Paskhas.   
    Oleh karena itu, keberadaan Skadron Udara di wilayah Kalimantan Barat menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bumi Khatulistiwa.  


Pewarta: Mayor Sus Filfadri*

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017