Sungai Raya (Antara Kalbar) - Musyawarah Rencana Pembangunan di Kecamatan Teluk Pakedai mengajukan Rancangan pada tahun 2018 dengan fokus utama pada penyelesaian infrastruktur jalan poros dan lingkungan yang masih memerlukan perhatian khusus.

"Infrastruktur Jalan Poros di Teluk Pakedai masih membutuhkan perhatian khusus terutama yang menghubungkan antar Desa di Kecamatan tersebut. Mengenai infrastruktur jalan lingkungan akan terus dimasukkan melalui imbal swadaya yang dimulai tahun 2017 ini," kata Camat Kecamatan Teluk Pakedai, Rasudi, Kamis.

Dia sudah banyak jalan poros yang sudah tuntas di Teluk Pakedai diantaranya jalan poros yang menghubungkan Teluk Pakedai dengan Punggur. Tinggal satu jalan poros lagi yang menjadi prioritas usulan di tahun 2018 yaitu jalan poros yang menghubungkan beberapa Desa di Teluk Pakedai.

Terkait dengan adanya masyarakat dari salah satu Desa di Teluk Pakedai yang merasa tidak diakomodir oleh Pemerintah Desa untuk mendapatkan program pembangunan dari Kabupaten Kubu Raya, agar kedepan langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan.

"Kita masih fokus di infrastruktur seraya mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dari potensi lokal yang kita miliki disini. Saat ini pertumbuhan ekonomi masyarakat kita sangat baik karena didorong oleh perbaikan infrastruktur yang menghubungkan Teluk Pakedai dengan Punggur," tuturnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus menjelaskan bahwa Pemerintah Kubu Raya terus menerus berupaya menuntaskan pembangunan infrastruktur penghubung antardesa dengan desa, antardesa dengan kecamatan maupun kecamatan dengan kecamatan dan ibu Kota.

"Kita berkomitmen menyelesaikan persoalan infrastruktur di Kubu Raya. Sejak awal Pemerintahan kami, dan kami berusaha terus menerus untuk menuntaskan program tersebut," kata Hermanus saat membuka musrenbang tersebut di Teluk Pakedai.

Hermanus menjelaskan di tahun 2018, pembangunan infrastruktur terus berjalan seraya kita membangun dan mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi kerakyatan dengan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh wilayah masing-masing.

Hermanus mencontohkan di Teluk Pakedai memiliki beberapa daerah pesisir yang potensial dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dibidang perikanan dan kelautan. Baik tangkap maupun budidaya akan dilakukan konsep dan pembinaan secara maksimal untuk menggali potensi yang ada.

Disamping potensi perikanan dan Kelautan, Teluk Pakedai juga memiliki potensi perkebunan, pertanian dan wisata, baik wisata bahari maupun wisata rohani.

Untuk itu, kata Hermanus dalam membangun perekonomian nelayan dan daerah pesisir akan terus dilakukan penataan dan pembinaan melalui instansi terkait. Berdasarkan program pembangunan ekonomi masyarakat Kubu Raya baik menyesuaikan dengan RPJMD Kubu Raya.

Musrenbang Teluk Pakedai juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kubu Raya Bambang Ganefo Putra. Bambang meminta agar seluruh masyarakat mendukung semua program-program pembangunan di masyarakat. Untuk mempercepat pembangunan di seluruh wilayah Kubu Raya.

Ia juga meminta agar usulan-usulan yang disampaikan benar-benar program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017