Pontianak (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum mantan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI (Purn) Toto Rinanto yang meninggal akibat serangan jantung pada Minggu malam kemarin.

"Saya beserta keluarga, dan atas nama Gubernur Kalbar mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum Mayjen TNI (Purn) Toto Rinanto. Mudah-mudahan segala amalan ibadah beliau diterima Tuhan YME dan bagi keluarga yang ditinggalkan bisa diberi ketabahan," kata Cornelis di Pontianak, Senin.

Dia mengatakan, almarhum Mayjen TNI (Purn) Toto Rinanto Soedjiman, merupakan sosok pemimpin yang ramah dan mudah bergaul dengan siapa saja. Semasa hidupnya dan saat menjabat sebagai Pangdam XII/Tpr, Toto dan Cornelis beserta Kapolda Kalbar selalu berkoordinasi dengan baik.

"Beliau ini adalah teman baik saya, partner saya, selalu bekerja dengan serius. Namun dia meninggal lebih dulu padahal lebih muda dari saya," tuturnya.

Diketahui, Toto yang menjabat Perwira Tinggi Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Darat meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat, Minggu (26/3) pukul 19.50 WIB. Toto dikabarkan sudah menderita sakit sejak beberapa waktu belakangan.

Hal itu sebelumnya disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Wuryanto, yang juga menyampaikan bahwa keluarga besar TNI ikut berduka atas meninggalnya Toto yang juga mantan Panglima Kodam XII/Tanjungpura yang membawahi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah itu.

Keluarga besar TNI juga merasa kehilangan salah satu putra terbaik di lingkungan tentara. "Mudah-mudahan keluarga besarnya (Toto) iklas dalam menghadapi cobaan ini. Kami semua ikut berduka," kata alumnus Akademi Militer 1986 itu.

Toto Rinanto merupakan putra dari almarhum Gubernur Kalimantan Barat Periode 1977-1988, Mayjen TNI (Purn) Soedjiman. Toto merupakan pati TNI kelahiran Garut, Jawa Barat 12 Januari 1960.

Alumnus Akmil 1984 ini berpengalaman di bidang infanteri, khususnya pendidikan, intelijen, operasi, logistik dan teritorial. Sejumlah penghargaan pernah diraih Toto selama menjalani karier militernya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017