Putussibau (Antara Kalbar) - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir berharap momentum peringatan Hari Kartini mampu memotivasi khususnya kaum ibu untuk berperan dalam pembangunan di daerah.

"Perjuangan kaum perempuan saat ini bukan hanya kesetaraan gender namun juga berperan dalam pembangunan," kata Nasir ketika ditemui pada acara puncak perayaan Hari Kartini ke-138 di Gedung Majelis Adat Budaya Melayu, Jalan Budaya, Putussibau Selatan, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat.

Menurut Nasir jika dilihat dari sejarah perjuangan, kaum perempuan tidak tinggal diam terus berjuang dalam mrngangkat harkat dan martabat kaumnya.

Banyak kegiatan sosial yang mengajarkan berbagai pengetahuan hingga perjuangan kaum perempuan menjadikan kesetaraan gender, sebab kaum perempuan masa kini turut berperan dalam pembangunan bangsa.

Terkait masih banyaknya tindakan kekerasan dan pornografi terhadap kaum perempuan, Nasir meminta aparat penegak hukum dapat benar - benar serius dalam penindakannya untuk memberikan efek jerak.

" Saya rasa penindakan seperti itu kewenangan aparat penegak hukum, para pelaku kekerasan maupun pelecehan seksual mesti dihukum setimpal untuk efek jerak," pinta Nasir.

Dirinya berharap kaum perempuan semakin lebih maju, lebih jaya berjuang dalam kesetaraan gender, turut serta dalam pembangunan bahkan peningkatan sumber daya manusia.

" Saya rasa peningkatan sumber daya manusia juga sangat penting, dan harapan kita perempuan bisa terus berkarya mengisi pembangunan khususnya di Kapuas Hulu," tegas Nasir.

Pewarta: Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017