Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 13.210 orang akan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa.

Tes yang digelar serentak di seluruh perguruan tinggi negeri se-Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok ujian, kata Kabag Akademik Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Untan Pontianak Ida Fitria di Pontianak.

Ia lantas menyebutkan tiga kelompok ujian tersebut, yaitu saintek dengan jumlah peserta sebanyak 3.357 orang, soshum (5.347 orang), dan campuran (4.506 orang).

Ida menjelaskan bahwa peserta seleksi yang menggunakan komputer langsung atau computer based test (CBT) sebanyak 235 orang, sedangkan ujian dengan cara konvensional atau paper based test (PBT) sebanyak 12.975 calon mahasiswa.

Seleksi SBMPTN pada hari Selasa mulai pukul 07.00 hingga 14.30 WIB. Keesokan harinya, 17 hingga 18 Mei 2017 akan dilanjutkan dengan tes keterampilan keolahragaan, seni tari, dan musik.

Menurut dia, Untan Pontianak sendiri menyediakan 1.912 orang khusus untuk jalur SBMPTN. Sebelumnya, pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 perguruan tinggi terbesar di Kalbar ini telah menerima 1.381 mahasiswa baru.

Sementara itu, Putri, peserta SBMPTN, mengatakan bahwa dirinya bersama rekannya dari Kabupaten Sambas mengikuti seleksi SBMPTN di Untan Pontianak.

"Saya dan teman-teman berharap bisa lulus pada seleksi SBMPTN sehingga bisa melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi lagi," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017