Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengimbau kepada jemaah haji kabupaten setempat untuk melakukan vaksinasi Meningitis sebelum melaksanakan ibadah haji.

"Agar jemaah Calon Haji kita ini sehat-sehat dan dapat menunaikan ibadah hajinya dengan baik, kita mengimbau untuk segera melakukan vaksinasi," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, pada hari ini, Pemkab Kubu Raya melalui Dinkes setempat memberikan pelayanan vaksinasi Meningitis secara gratis bagi jemaah haji.

"Mungkin nanti kita akan lakukan dalam beberapa kali sebelum keberangkatan. Kita akan terus pantau kesehatan jemaah calon haji kita ini secara intensif agar sistem antibodi bisa terbentuk sempurna," tuturnya.

Rusman Ali menuturkan, dalam menunaikan ibadah haji, tidak cukup hanya menyiapkan mental dan finansial saja. Lebih dari itu calon jemaah haji seharusnya juga menyiapkan fisiknya agar siap menghadapi cuaca dan penularan penyakit.

Dirinya menjelaskan, vaksin Meningitis adalah vaksin wajib yang harus dilakukan calon jemaah haji untuk melindungi risiko tertular meningitis meningokokus, suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang dan keracunan darah.

"Meningitis adalah penyakit serius dengan angka kematian tinggi. Bakteri ini sebenarnya tidak ada di Indonesia tapi untuk orang yang akan bepergian ke negara lain terutama ke daerah endemik, harus divaksin," kata Rusman Ali.

Daerah endemik Meningitis Meningokokus antara lain Afrika, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Selandia Baru.

"Selama melakukan ibadah haji, kita akan bertemu dengan orang dari berbagai negara yang mungkin saja menjadi pembawa atau Carrier bakteri Meningitis," katanya.

Dikatakan Rusman Ali, orang yang bepergian ke luar negeri membawa risiko menularkan meningitis kepada orang lain yang akhirnya dapat menularkan kepada populasi yang lebih besar.

"Bila tidak dilakukan pencegahan dari sekarang, bisa saja suatu saat nanti penyakit ini mencapai tahap endemik di Indonesia," paparnya.

Vaksinasi meningitis sebaiknya dilakukan minimal 10 hari sebelum keberangkatan. Untuk itu, terang Rusman Ali untuk mengantisipasi jemaah calon haji asal Kubu Raya dilakukan vaksin sedini mungkin.

Di samping vaksin meningitis dan vaksin influenza kepada seluruh jemaah Haji asal Kubu Raya.

"Sehingga jemaah calon haji Kubu Raya dapat menjalankan seluruh rangkaian kegiatan haji dalam keadaan sehat walafiat dan dapat kembali ke Kubu Raya dengan sehat walafiat juga," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017