Singkawang (Antara Kalbar) - Unit Dikyasa Satuan Lantas Polres Singkawang melaksanakan kegiatan Penerangan Keliling (Penling) di Pasar Tumpah Jalan Hermansyah, Selasa.

"Dalam kegiatan ini kita memberikan imbauan dengan menggunakan kendaraan dinas dan pengeras suara kepada pemakai jalan untuk selalu menaati rambu-rambu lalu lintas," kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Singkawang, IPDA Jamian.

Menurutnya, rambu lalu lintas bukan sebagai hiasan jalan, sehingga pengguna kendaraan bermotor roda dua saat berkendara untuk selalu menggunakan helm SNI. "Dan dalam pemakaian helm SNI harus sampai berbunyi "Klik"," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jamian juga menginformasikan kepada masyarakat yang berbelanja di Pasar Tumpah tentang pengambilan SIM yang sudah tercetak dan TNKB di Satlantas Polres Singkawang.

"Diharapkan dari kegiatan ini bisa mempengaruhi masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas di jalan raya, selain itu juga dapat mengerti betapa pentingnya keselamatan berlalu lintas di jalan raya," ungkapnya.

Disamping itu, lanjutnya, kepada para pedagang dan pembeli juga diingatkan agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan lainnya.

"Seperti yang kita ketahui, bahwa lokasi Pasar Tumpah ini cukup padat dan mempunyai tingkat kerawanan yang cukup tinggi," ujarnya.

Dengan kondisi lalu lintas yang padat, Jamian mengharapkan, agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati. Serta dapat meningkatkan peran serta masyarakat Kota Singkawang dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas," pesannya.

(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017