Putussibau (Antara Kalbar) - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Fabianus Kasim meminta agar pemerintah memprioritaskan penanganan peningkatan runway Bandara Internasional Supadio Pontianak yang sempat tergenang air sehingga menyebabkan lumpuhnya penerbangan.

"Bandara itu sarana transportasi vital apalagi Supadio merupakan Bandara Internasional, jadi pemerintah harus memprioritaskan peningkatan runway agar kejadian serupa tidak terulang," kata Kasim ditemui Antara di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Senin.

Politisi Partai Hanura Kapuas Hulu itu mengingatkan kepada pemerintah dengan lumpuhnya penerbangan di Supadio dapat menjadi evaluasi agar pembangunan sarana vital itu dapat mendukung semua pertumbuhan pembangunan dari semua bidang.

Ia berharap agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dapat segera mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk peningkatan pembangunan runway atau landasan pacu Bandara Supadio, sekaligus menjadi catatan untuk pembangunan bandara khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

"Transportasi udara saat ini menjadi kebutuhan semua pihak, pemerintah, investor bahkan masyarakat luas, jika kondisi bandara tidak mendukung maka bisa menghambat semua kepentingan," jelas Kasim.

Menurut Kasim, dengan lumpuhnya penerbangan bandara internasional itu sangat mempengaruhi kepentingan semua pihak apalagi jika ada orang sakit, anak sekolah bahkan urusan bisnis.

Tidak hanya persoalan runway, kenyamanan pelayanan di terminal bandara juga harus menjadi perhatian serius, sehingga siapapun yang pernah ke Supadio akan mendapatkan kesan yang baik.

"Tapi tentunya genangan air pada runway bandara internasional itu dijadikan pelajaran agar tidak lagi terjadi," kata dia.

Pewarta: Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017