Putussibau (Antaranews Kalbar) - Kepala Bidang Perencanaan Fisik, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas Hulu, Budi Prasetyo mengatakan sejumlah desa di Kecamatan Silat Hulu hingga kini masih terisolir karena kondisi infrastruktur jalan.

"Masih ada tiga desa yang terisolir, jalan belum terhubung dari desa hingga ke dusun, di daerah tersebut," kata Budi kepada Antara, di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Senin.

Dijelaskan Budi, ada tiga desa yang belum bisa ditembus jalan darat yaitu Desa Selimu, Desa Perejuk terdapat Dusun Inggut dan Dusun Pingga Putih serta Desa Entebi.

Menurut dia, selama ini pembangunan justru lebih banyak menumpuk di Ibu Kota Kabupaten dan kecamatan dan belum seutuhnya menyentuh ke daerah pelosok. Padahal kondisi infrastruktur di daerah pelosok sangat memprihatinkan.

Menurut dia program membangun Indonesia dari pinggiran itu perlu di evaluasi, karena pelaksanaan dan kenyataan di lapangan masih banyak daerah di Kapuas Hulu yang terisolir, karena pembangunan tidak tepat sasaran.

Dikatakan Budi, jika alasan kekurangan anggaran, tidak begitu tepat, karena sebanyak apapun anggaran jika pembangunan tidak tepat sasaran maka anggaran tidak akan pernah cukup.


Bahkan yang keliru selama ini, kata Budi, pembangunan dilaksanakan melihat Kapuas Hulu sebagai kabupaten perbatasan, sehingga terkadang terlupakan bahwa Kapuas Hulu juga sebagai kabupaten tertinggal.

"Dinas Bina Marga sudah cukup baik dalam pelaksanaan pembangunan, namun untuk tiga desa di Silat Hulu harapan kita disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," kata Budi.

Masyarakat kata Budi, menginginkan agar pembangunan jalan dilakukan di ruas jalan Desa Entebi - Nanga Lungu - Landau Badai, karena jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat untuk akses ke Nanga Dangka sebagai pusat Kecamatan Silat Hulu.

Dirinya berharap, dalam pelaksanaan pembangunan mesti sesuai dengan rencana dan kebutuhan masyarakat, sehingga bisa tepat sasaran.

"Harus ada prioritas pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat, terutama untuk pembangunan jalan di wilayah Kecamatan Silat Hulu," pinta Budi.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018