Kubu Raya (Antaranews Kalbaar) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa Kabupaten Kubu Raya mengedukasi sejumlah kepala desa dan perangkat desa guna memperkuat peranan mereka dalam pengentasan kemiskinan masyarakat.

"Pengedukasian pemerintah desa ini merupakan agenda resmi dari Kementerian Desa dan Transmigrasi dalam memberikan pendampingan serta penguatan terhadap percepatan pembangunan masyarakat desa melalui program-program Dana Desa dan ADD," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa Pemkab Kubu Raya Nursyam Ibrahim di Sungai Raya, Minggu.

Dia menjelaskan penguatan peranan kades dan perangkat desa dalam pengentasan kemiskinan juga terkait dengan penyusunan program dan implementasi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa agar benar-benar berdampak positif terhadap peningkatan kesejhteraan masyarakat desa.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali meminta kades dan perangkat desa, serta unsur pemberdayaan masyarakat desa menjadi motivator masyarakat dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Dengan semakin besarnya Dana Desa dan ADD semestinya mampu mendongkrak kemajuan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa," ujar dia.

Ia mengharapkan kades dapat berperan aktif dalam menggerakkan ekonomi masyarakat desa melalui pembinaan dan program-program pengembangan ekonomi masyarakat desa.

Dengan Dana Desa dan ADD yang besar, kata dia, seharusnya mampu mendorong kemajuan masyarakat desa menjadi lebih cepat.

Ia mengemukakan perlunya pemerintah desa melakukan terobosan pelayanan dan pemberdayaan, serta inovasi program secara sinergi terhadap program pemerintah kabupaten.

"Kades dan perangkat desa harus melakukan inovasi dan terobosan-terobosan program yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dengan bersinergi bersama program-program kabupaten, terutama dalam upaya mengentaskan kemiskinan di tingkat desa," kata Rusman Ali.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018