Pontianak (Antaranews Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyatakan pihaknya akan membantu setiap pemerintah kabupaten/kota di Kalbar untuk menata kawasan wisata.

"Saya menekankan kepada setiap pemerintah kabupaten/kota yang ada di Kalbar bahwa kita tidak bisa lagi mengandalkan Sumber Daya Alam yang ada sebagai sumber pembangunan. Kita harus bisa memaksimalkan sektor jasa dan pariwisata di setiap daerah, sebagai sumber dalin bagi PAD," kata Sutarmidji, usai meresmikan hotel Ibis di Pontianak, Rabu.

Terkait hal itu, dia memastikan, pemerintah provinsi Kalbar akan membantu pemeirntah kabupaten/kota dalam menata kawasannya.

 "Saat saya menjadi wali kota Pontianak, hal ini sudah saya mulai di kota ini, dimana kita menata beberapa kawasan sebagai tempat wisata, alhamdulillah, jumlah wisatawan sekarang terus meningkat. Demikian dengan kota Singkawang, saya lihat penataannya juga sudah baik, dan terbukti, jumlah wisatawan juga meningkat datang ke sana," tuturnya.

Pembangunan tempat wisata yang telah direalisasikan Sutarmidji di Kota Pontianak selama 10 tahun dirinya menjabat sebagai Wali Kota, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

"Saya inginpinggiran sungai yang sekarang sudah bagus kita buat kegiatan yang positif, kita ciptakan masyarakat lapangan pekerjaan seperti buat tenun dan sebagainya. Nantinya tenun itu dikemas semenarik mungkin, kemudian kita jual dan akan meningkat kesejahteraan," katanya.

 Selain tempat wisata, Kota Pontianak dan Kalimantan Barat umumnya juga memiliki kuliner yang harus dilestarikan.

Kemudian, yag paling penting menurutnya adalah masyarakat harus lebih kreatif dalam menciptakan berbagai hal yang dapat menarik dan mendatangkan wisatawan.

"Kita pikirkan branding yang menarik, kita buat yang unik, kita tekankan disitu, sehingga menimbulkan daya tarik bagi wisatawan," jelas Sutarmidji.

Terkait keberadaan hotel yang tumbuh pesat di Potianak, menurutnya hal itu jelas sangat menunjang potensi pariwisata yang ada.

"Pertumbuhan hotel yang cukup pesat menandakan bahwa jumlah wisatawan terus meningkat datang ke Pontianak. Untuk itu pihak hotel juga berperan dalam memberikan layanan yang baik, agar memberikan kesan bagi wistawan," katanya.Budi Suyanto


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018