Putussibau (Antaranews Kalbar) - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengatakan akan ada kapal wisata dari Kota Pontianak menuju Danau Sentarum yang siap melayani para wisatawan.

"Waktu saya ke Jepang bertemu dengan investor yang akan menyiapkan dua unit kapal wisata dari Pontianak menuju Danau Sentarum," kata Nasir kepada Antara di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat.

Ia mengatakan untuk realisasi kapal wisata tersebut kemungkinan dalam waktu dekat, namun pihak investor belum memastikan karena ada beberapa yang harus dipersiapkan.

Dijelaskan Nasir, potensi wisata Danau Sentarum sudah dikenal dunia, tetapi memang perlu sinergitas semua pihak, pemerintah daerah, provinsi dan pusat bahkan pihak investor dan masyarakat.
Baca juga: Belajar pengelolaan ekosistem danau hingga ke Jepang
"Memajukan pariwisata memang perlu dukungan semua pihak terutama pemerintah pusat," ucap Nasir.

Menurut Nasir, Pemerintah Daerah Kapuas Hulu akan fokus mengembangkan potensi wisata, apalagi masih banyak yang harus dibenahi, baik itu sarana dan prasarana maupun kenyamanan para wisatawan.

"Saat ini yang menarik wisatawan yaitu wisata alam, tapi kita juga harus siapkan fasilitas pendukung, terutama penginapan bernuansa alam," tutur Nasir.

Nasir mengharapkan masyarakat di sekitar Danau Sentarum juga dapat mengelola dan memanfaatkan peluang dalam pengembangan wisata.

"Yang terpenting pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa lebih meningkat, karena muara pengelolaan wisata itu untuk kesejahteraan masyarakat," kata Nasir.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018