Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bagi penghobi mancing udang, turnamen ini mungkin dapat menjadi pilihan. Turnamen Mancing Udang Galah (TMUG) se-Kalimantan Barat dijadwalkan kembali digelar di Kabupaten Sambas, dipusatkan di Sungai Desa Sendoyan pada Minggu, 16 Desember 2018.

"TMUG merupakan agenda tetap di Kabupaten Sambas dan tahun ini digelar untuk kali ketiganya," ujar Ketua Panitia TMUG III, Ichsan Mawardi, saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Ichsan menjelaskan turnamen yang digelar bertujuan untuk mempromosikan Kabupaten Sambas, sebagai destinasi memancing yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya. Selain itu, dengan turnamen tersebut juga untuk mengampanyekan bersama menjaga sungai untuk kehidupan lebih baik.

"Di Sambas Alhamdulillah kondisi air sungai di daerah Sungai Sambas Besar dan Sungai Sambas Kecil sangat terjaga. Hal ini selain merupakan berkah namun juga adalah hasil dari upaya bersama kawan-kawan komunitas memancing, pemerintah, aparat kepolisian dan seluruh lapisan masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, terutama daerah aliran sungai," kata dia.

Lanjutnya, bicara tentamg destinasi wisata olahraga memancing, Kabupaten Sambas memiliki sejumlah titik memancing yang menjanjikan, baik itu memancing maupun di air tawar.

"Jika di laut, kita bisa memancing mulai dari laut Selakau- Paloh dengan disertai panorama pantai yang indah. Jka di sungai Kabupaten Sambas punya banyak lokasi, baik itu Sungai Sambas Besar, Sungai Sambas Kecil, Sungai Sebangkau, Sungai Semparuk dan masih banyak lagi seperti danau," kata dia.

Ichsan meyakini turnamen yang dilaksanakan juga akan mendatangkan efek lanjutan, yakni mendatangkan wisatawan pemancing ke daerah ini.

"Sehingga melalui even ini kita berharap cerita baik dan positif akan tersampaikan kepada masyarakat luar, bahwa Kabupaten Sambas sangat asri dan begitu banyak lokasi memancing, serta sambutan masyarakatnya yang sangat ramah,"jelasnya.

Untuk mengikuti pertandingan ini, para calon peserta dapat menghubungi panitia di nomor 085245938891 dan 085346502343. Untuk hadiah, panitia akan menyediakan satu unit sepeda motor sebagai hadiah utama bagi sang juara.

"Kemudian juara dua hadiah uang Rp4 juta, juara ketiga Rp3 juta, juara keempat Rp2,5 juta, juara kelima Rp1 juta dan juara keenam Rp500 ribu, serta ada ratusan doorprize," papar dia.
Baca juga: Sanggau gelar lomba mancing berhadiah belasan juta rupiah

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018