Pemkab Kubu Raya menerima hibah lahan dari sejumlah warga Desa Sungai Kupah dan Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, untuk pembangunan objek wisata di desa tersebut.

Penyerahan hibah ditandai penandatanganan sejumlah dokumen terkait di Kantor Bupati Kubu Raya.

"Lahan hibah yang diterima rencananya akan dikembangkan menjadi destinasi wisata di Kubu Raya berlokasi di Desa Jeruju Besar akan dibangun destinasi wisata Equator Park," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Rabu.

Dia menyebutkan, adapun di Desa Sungai Kupah, akan dibangun destinasi wisata hutan mangrove atau bakau.

Muda mengatakan, hibah lahan dari masyarakat sangat membantu upaya pengembangan wisata di Kubu Raya. Terlebih di kedua desa yakni Sungai Kupah dan Jeruju Besar sudah ada potensi destinasi wisata.

"Di Sungai Kupah itu sudah ada taman mangrove walaupun masih dibangun secara sederhana, sedangkan di Jeruju Besar ada tempat wisata yang cukup dekat dengan pantai. Dengan adanya hibah lahan dari warga ini, saya kira sangat bermanfaat untuk lebih maksimal dalam mengembangkan destinasi wisata di dua desa ini," tuturnya.

Muda mengatakan adanya kepastian hukum melalui hibah lahan dari masyarakat akan mempermudah pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi wisata di Kubu Raya. Dirinya mengapresiasi partisipasi warga yang telah menghibahkan lahan demi pembangunan wisata di Kubu Raya.

"Dan amanah ini insyaAllah kami optimalkan untuk membangun destinasi wisata yang lebih baik lagi ke depan," kata Muda.

Ia mengaku salut dengan niat baik warga Kubu Raya. Menurutnya, warga mampu berpikir visioner dengan menghibahkan lahan yang dimiliki. Adanya pembangunan destinasi wisata yang maksimal, menurut dia, pada gilirannya akan memicu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Muda meyakini khusus kawasan Sungai Kupah dan Jeruju Besar punya daya tarik dan eksotisme tersendiri. Seperti adanya kampung nelayan, perkebunan kelapa, dan pantai yang asri.

"Tinggal pengembangan infrastruktur yang harus didorong, sehingga akses orang untuk mengunjungi lokasi wisata ini akan lebih mudah. Dan saya yakin dengan kepastian hukum hibah lahan yang ada saat ini, bisa membuat lebih mudah dan mempercepat pembangunan sektor pariwisata di Kubu Raya khususnya di dua desa ini," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019