Tingkat kepuasan layanan Polres Bengkayang, Kalimantan Barat berdasarkan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) mencapai 95,18 persen.

“IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil penilaian kuantitatif dan kualitatif atas penilaian masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya,” ujar Kapolres Bengkayang, AKBP Yos Guntur Yudi Fairus Susanto saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa pengukuran kepuasan merupakan elemen yang penting dalam proses evaluasi di mana tujuan akhir yang dibutuhkan adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berdasarkan kebutuhan masyarakat.

"Kita bersyukur dari survei layanan kita bagi masyarakat memuaskan. Kepuasan masyarakat dapat membuat rencana yang berhasil atau tidak dilaksanakan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik," papar dia.

Menurutnya survey IKM yang dilakukan sejak Januari hingga Juli 2019 tersebut dari total responden sebanyak 746 orang yang terdiri dari Laki- laki 467 orang, dan perempuan 279 orang, dengan nilai IKM 95,18 dengan mutu sangat baik.

Dalam survei tersebut ada sembilan unsur pelayanan yang dinilai di antaranya persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, kecepatan pelayanan, kewajaran biaya/tarif pelayanan, kesesuaian dengan standar pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, dan kualitas sarana dan prasarana serta penanganan pengaduan pelayanan.

“Bagi masyarakat yang ingin memberikan penilaian, saran dan pengaduan terhadap pelayanan di Polres Bengkayang dapat membuka dan mengisi di : bit.ly/eskm-satwil ,” kata dia.

Ia mengucapkan terima kasih atas penilaian masyarakat kepada institusinya. Penilaian tersebut tentu tetap menjadi perhatian untuk terus diperhatikan dan ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Kita akan dan terus kedapankan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Capaian yang ada terus dipertahankan dan ditingkatkan,” kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019