Bupati Kubu Raya Muda Mahendarawan mengambil sumpah dan menyerahkan SK Pengangkatan 125 CPNS menjadi PNS Formasi Pelamar Umum Tahun Anggaran 2017 di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Senin.

Pengambilan sumpah dan penyerahan SK pengangkatan itu merupakan tahap kedua setelah sebelumnya pada awal April lalu, Bupati Muda mengambil sumpah dan menyerahkan SK pengangkatan tahap pertama kepada 198 CPNS.

Total penerima SK dari formasi pelamar umum Tahun Anggaran 2017 tercatat 326 orang.


Baca juga: Bupati Serahkan SK Pengangkatan 327 CPNS 2010/2012


"CPNS sudah resmi dilantik dan mengucapkan sumpah jani sebagai PNS. Masyarakat Kubu Raya yang jumlahnya 604 ribu jiwa punya harapan besar bahwa PNS adalah bekerja untuk rakyat. PNS bekerja, mengabdi, dan memfokuskan pikiran adalah untuk kebaikan-kebaikan rakyat di seluruh pelosok Kubu Raya ini," katanya di Sungai Raya.

Muda mengatakan status PNS tidak boleh disia-siakan. Terlebih status tersebut didapat dengan proses yang sulit. 

Ia meminta PNS di daerah itu fokus pada upaya-upaya menjaga martabat PNS, caranya dengan membuktikan dampak positif keberadaan mereka bagi masyarakat.


Baca juga: Kubu Raya Lakukan Pemberkasan SK CPNS 2010/2012


"Keberadaan PNS itu diakui bukan hanya oleh atasan, tetapi dari rakyat Kubu Raya sendiri, di mana rakyat mengakui bahwa keberadaan PNS mampu memberikan kebahagiaan, ketenangan, dan perubahan pola pikir masyarakat," tuturnya.

Ia menyatakan pada era digital yang serba cepat, jajaran birokrasi, baik struktural maupun fungsional, dituntut memahami apa yang dibutuhkan daerah dan masyarakat.

Oleh karena itu, ia menyebut pentingnya menumbuhkan kecintaan terhadap pekerjaan dan masyarakat Kubu Raya sehingga akan muncul kepekaan.

"Jangan puas dengan ilmu yang ada, jadikan diri kita sebagai pembelajar. Maka insyaallah kita akan selalu memberikan manfaat kepada masyarakat dan jangan puas juga dengan status sebagai PNS dan menjalankan rutinitas belaka," tuturnya.


Baca juga: Bupati Kubu Raya Serahkan SK CPNS 2014


Dia juga mengatakan bahwa pada era digital ini, persoalan terjadi dengan cepat dan menantang. Bahkan, lebih cepat daripada solusi.

Oleh sebab itu, ia meminta PNS antisipatif, responsif, dan adaptif. PNS juga diingatkan untuk membangun tim kerja yang solid dan sasaran yang benar, dengan suasana kerja yang kondusif dalam membangun kesamaan cara pandang.

Sebagai generasi pertama Kubu Raya, Muda mengingatkan PNS akan tanggung jawab besar sebagai abdi masyarakat, terutama dalam pelayanan publik dan program-program pembangunan serta kemasyarakatan lainnya.


Baca juga: Kubu Raya Terus Perjuangkan SK CPNS 2012


Pemerintahan, ujarnya, meskipun telah periode ketiga, tetapi masuk dalam kategori generasi pertama.

"Bagaimana pola pikir kita selalu mengutamakan kepentingan orang banyak, kita berusaha mencari makna hidup bahwa kebahagiaan itu dengan cara bisa melihat senyuman dan kebahagiaan rakyat kita dan itulah kebahagiaan yang sejati dan menjadi visi terdepan," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kubu Raya M. Noh Syaiman mengatakan pengambilan sumpah tahap kedua kepada 125 orang itu, terdiri atas formasi tenaga guru tujuh orang, formasi tenaga kesehatan 36 orang, dan formasi tenaga teknis 82 orang.

Baca juga: Bupati Harapkan SK CPNS Segera Keluar

"Formasi pelamar umum Tahun Anggaran 2017 sebanyak 326 orang. Pada tahap satu tanggal 1 April lalu telah diangkat dan diambil sumpah sebanyak 198 orang dan saat ini dilakukan penyerahan tahap kedua untuk 125 orang," katanya.

Dia menambahkan tiga CPNS tidak dapat diangkat menjadi PNS karenak satu orang meninggal dunia, satu orang mengundurkan diri, dan satu orang dalam pembinaan terkait dengan pelanggaran disiplin.

Baca juga: Sutarmidji: CPNS 2 Tahun Tak Boleh Gadaikan SK
Baca juga: Sekda Sekadau Serahkan SK CPNS Tenaga Honorer
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019