Tercapainya Desa Mandiri, Maju, dan Sejahtera, Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani memandang  perlu dukungan, Kerjasama Lintas Sektoral dan lembaga Pemerintah, maupun swasta, termasuk Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodam XII/Tanjung pura(TPR) dalam rangka meningkatkan status Desa menjadi Desa Mandiri.

"Desa tidak serta Merta harus membangun desanya sendiri.perlu dukungan semua sektor, Bersatu padu, berkerjasama dan bergotong royong untuk desa membangun dan membangun desa" Ucap Citra Saat membuka Sosialisasi Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Katulistiwa yang bertempat di Istana Rakayat(pendopo Bupati), Jum'at (14/2).

Baca juga: Bupati Citra apresiasi buku Langit Biru di Bumi Khatulistiwa
 
Bupati Kayong Utara, Citra Duani (Antara Kalbar/HO)


Baca juga: Bupati lantik pengurus Kerukunan Keluarga Sulsel Kabupaten Kayong Utara

Dihadiri Kepala Kelompok Staf Ahli Pangdam XII/TPR Kolonel Ari Gemuruh Winardjatmiko dan Dandim 1203 Ketapang Letkol Kav. Jami'an Remi, Bupati Citra selanjutnya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah (Pemkab) saat ini fokus pada pembangunan dari Desa, dan menciptakan Desa-Desa Mandiri, dan Maju setelah Desa Sutra.

"Hal ini dilakukan agar terjadi pemerataan program pembangunan di Desa, sehingga dapat mempercepat tingkat kemajuan dan kemandirian status Desa di Kabupaten Kayong Utara"terangnya.

Baca juga: Bupati Citra terima DIPA 2020
 
Bupati Kayong Utara, Citra Duani (Antara Kalbar/HO)


Baca juga: Bupati Citra Duani dukung atlet asal Kayong Utara

keseriusan Pemerintah Provinsi, TNI dan Polri dalam hal mengimplementasikan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan mendorong terciptakan Desa Desa mandiri di Kalbar, Cita memandang hal ini dapat mempercepat pembanguna di daerah dan menjadi lebih banyak lagi desa mandiri di Kalimantan Barat.

"Desa Sutera telah menjadi pelopor Desa Mandiri di Kalbar saat itu. Atas Dukungan Semua Pihak, dan Keseriusan Gubernur Kita saat ini Kayong Utara sudah memiliki 4 Desa Mandiri yaitu, Desa Sutera, Desa Pangkalan Buton, Desa Teluk Batang, dan Desa Seponti Jaya, serta berberapa Desa yang meningkat menjadi Desa Maju dan akan terus bertambah lagi"tuturnya.

Baca juga: Citra ajak ASN lebih awal sampaikan SPT
 
Bupati Kayong Utara, Citra Duani (Antara Kalbar/HO)


Baca juga: Citra luncurkan Gerakan Kayong Utara Bersih dan Bersinar

Selanjutnya Dandim 1203/Ketapang, Jami'at dalam sambutannya menyampaikan Bahwa Kodam XII/TPR selain mendukung pencanangan Desa Desa Mandiri di Kalbar, ia juga menyampaikan bahwa Upaya TNI dan Seluruh Stakeholders berkerjasama Menuju Langit Biru di Bumi Katulistiwa mewujudkan Kalbar Zero Asap di Tahun 2020.

"Oleh karena itu Sejak dini Kita melakukan pencegahan Karhutla, berkerjasama melaksanakan Mitigasi, Sosialisasi dan membetuk satgas di Desa Desa untuk mewujudkan Zero Asap di tempat Kita, tahun lalu kita telah melakukan langkah yang baik sekali, dan untuk saat ini harus lebih baik lagi"terangnya.

Baca juga: Bupati Citra ingatkan OPD jabarkan visi misi dalam RPJMD
 
Bupati Kayong Utara, Citra Duani (Antara Kalbar/HO)



Baca juga: Citra Duani optimistis menang di Kayong Utara
Baca juga: Kayong Utara tingkatkan pelayanan air bersih
Baca juga: Berkas Citra Duani - Effendi Ahmad dinyatakan lengkap

 

Upaya Kalbar cetak rekor desa mandiri - Wawancara Khusus

 

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020