Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan dan tali kasih antara pemberi dan penerima bantuan di Kelurahan Sungai Garam, Kecamatan Singkawang Utara.

"Proses verifikasi ODF ini dilakukan pada saat, masyarakat terkait kebiasaan BAB (buang air besar)," kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Selasa. 

Sampai saat ini, katanya, masih banyak masyarakat yang terbiasa untuk buang hajat di sembarang tempat. Seperti di kebun, empang, sungai dan bahkan di lahan terbuka di sekitar rumah tinggal. 

Baca juga: Wali Kota Singkawang deklarasikan program Stop BAB Sembarangan

Berbagai program telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, hasilnya masih belum menunjukkan hal yang menggembirakan. 

"Buruknya kondisi sanitasi merupakan salah satu penyebab kematian anak di bawah 3 tahun, yaitu sebesar 19 persen atau sekitar 100.00 anak meninggal karena diare setiap tahunnya dan kerugian ekonomi diperkirakan sebesar 2,3 persen dari produk domestik bruto (Studi World Bank 2007)," ujarnya. 

Menurutnya, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. 

"Sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini," ungkapnya. 

Baca juga: Deklerasi ODF Stop BAB sembarangan di Desa Tapang Perodah

Agar upaya tersebut berhasil dan akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100 persen. 

Lurah Sungai Garam, Kecamatan Singkawang Utara, Dedi Wahyudi mengatakan, dengan sudah di deklarasikannya ODF ini menjadikan masyarakat Sungai Garam sudah tidak lagi BAB sembarangan. 

"Sebelumnya kan mereka menumpang di rumah tetangga atau orangtuanya, tetapi sekarang masing-masing warga sudah memiliki WC pribadi," katanya. 

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pemberi dan penerima bantuan, karena pembangunan WC warga dibangun menggunakan dana donatur dan Pemkot Singkawang.

"Ada sebanyak 27 WC yang dibangun, semuanya menggunakan dana dari donatur dan Pemkot Singkawang," ujarnya.


Baca juga: Nasir segera keluarkan Perbup stop BAB sembarangan di desa
Baca juga: Sebintang deklarasi stop BAB sembarang tempat
Baca juga: Wabup Buka Deklarasi Stop BAB Sembarangan di Kenore Sekadau

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020