Pemerintah Kabupaten Kayong Utara akan memperketat pengawasan  di akses pintu masuk terutama untuk mengantisipasi kunjungan wisatawan saat liburan hari raya Idul Firi 1441 Hijriyah.

“Dalam rangka Idul Fitri 1441 H dalam suasana COVID-19  akses dua kabupaten antara Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara yang mana sebenarnya akses ini terbuka, terutama mengantisipasi banyak membludaknya yang berwisata di Kayong Utara khususnya Pantai Pulau Datok kami akan membatasi pengunjung,” kata Bupati Kayong Utara Citra Duani di Sukadana, Senin.

Baca juga: Penutupan perbatasan Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang

Ia melanjutkan, pemda juga tidak akan menyediakan kegiatan di Pantai Pulau Datok khususnya yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal saat libur Lebaran.

“Dan sebenarnya kita tidak ada even apa–apa di pantai jadi kita berharap warga masyarakat dari mana pun berada saat ini untuk tetap di tempat sajalah, kalau ingin  wisata di Kayong utara untuk sementara di tunda dululah,” harapnya.

“Pemerintah Kabupaten Kayong Utara melakukan pengawasan yang sangat ketat dalam rangka untuk menekan kerumunan – kerumunan massa khususnya tempat – tempat wisata, nah untuk itu mari kita sama- sama menjaga agar penularan COVID-19 tidak meraja rela,” jelasnya.

Baca juga: Bupati Citra sebut kebutuhan pokok masyarakat aman hingga Idul Fitri

Langka antisipatif tersebut diapresiasi oleh masyarakat Kayong Utara, apalagi saat ini Kabupaten Ketapang merupakan satu diantara tiga kabupaten di Kalbar yang masuk zona merah terkait wabah COVID-19. Salah satunya diungkap oleh Arif,  warga Sukadana, yang berharap pemerintah setempat bisa lebih intens melakukan langkah pencegahan terkait penanganan COVID-19.

“Jangan sampai sudah banyak kasus, kita belum siap, terutama fasilitas kesehatan seperti APD dan ruang isolasi yang saat ini masih terbilang sedikit,” harapnya.

Baca juga: Anggota FRKP salurkan bantuan sembako di Kayong Utara
Baca juga: Suami istri asal KKU positif COVID-19
Baca juga: KKU latih fardhu kifayah penanganan jenazah sesuai protap COVID-19
 

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020