Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan meninjau sejumlah tempat keramaian yang ada di Kota Pontianak dalam rangka persiapan penerapan tatanan hidup normal baru di provinsi itu di tengah pandemi COVID-19.

"Peninjaun ini selain untuk melihat sejauh mana kita siap untuk menerapkan new normal, juga sebagai pendisiplinan protokol kesehatan di tempat keramaian yang serentak dilaksanakan di semua kabupaten dan kota seluruh Provinsi Kalbar," kata Ria Norsan di Pontianak, Senin.

Ria Norsan mengungkapkan dengan penerapan new normal meminta masyarakat Kalbar untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam keseharian beraktifitas agar menekan angka penularan penyakit COVID-19 di masyarakat.

Baca juga: Pemkot Pontianak siapkan surat edaran protokol kesehatan untuk normal baru

"Kunci dari pada penegakkan new normal ini ada di masyarakat, kami-kami (Pemerintah, TNI-Polri) sebagai penggagas dan penggerak saja. Kedisipilinan masyarakat kita minta," tuturnya.

Jika masyarakat mengikuti dan berdisipilin mengikuti protokol kesehatan maka hasilnya menuju normal baru tidak akan sulit. "Kalau masyarakat disiplin insyaallah saya rasa untuk mengarah menuju new normal tidak sulit kita capai," katanya.

Dirinya pun meminta masyarakat untuk sering mencuci tangan dengan sabun, memperbanyak makanan bergizi dan selalu menjaga jarak saat beraktifitas.

"Saya berharap masyarakat tetap cuci tangan, makan makanan yang bergizi serta jaga sebagai bentuk pencegahan dalam penularan COVID-19 dalam beraktifitas," kata Ria Norsan.

Baca juga: Gunung Senujuh cocok untuk wisatawan yang suka tantangan saat normal baru

Selain Pasar Flamboyan, Wagub Ria Norsan bersama Pangdam XII/ Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meninjau warung kopi Aming di jalan Putri Candramidi dan Mega Mall Ayani.

Terlihat juga masyarakat dan pemilik usaha sudah menerapkan protokol kesehatan dan menyediakan tempat cuci tangan sebelum memasuki tempat tersebut.

Baca juga: Pemkab Kayong Utara tes cepat COVID-19 nahkoda dan ABK
Baca juga: Bupati Muda siapkan pemenang lomba jadi Duta Normal Baru Kubu Raya
Baca juga: Joni Isnaini dukung penerapan normal baru di Kalbar

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020