Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Ade Hermanto mengatakan pelayanan imunisasi untuk bayi tetap dilaksanakan oleh petugas kesehatan di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

" Layanan imunisasi tetap dilaksanakan, tetapi dengan metode jemput bola oleh petugas atau pengaturan jadwal imunisasi di setiap Puskesmas," kata Ade Hermanto, dihubungi, ANTARA, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.

Baca juga: Begini tata cara imunisasi saat pandemi COVID-19

Disampaikan Ade, di sejumlah daerah wilayah Kapuas Hulu ada petugas kesehatan rutin mendatangi rumah bayi atau balita yang melakukan imunisasi.

Sedangkan di Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), kata Ade juga tetap dilaksanakan pelayanan, hanya saja ada tempat khusus, orang tua yang datang membawa bayi atau balita tidak sama dengan pasien umum lainnya.

" Waktu pelayanannya pun ditentukan sehingga orangtua yang membawa anaknya imunisasi terhindar dari kerumunan, dan yang lebih penting lagi orangtua menggunakan masker," jelas Ade.

Baca juga: Saran dokter jangan tunda imunisasi anak

Dikatakan Ade, hingga saat ini pelayanan imunisasi di Kapuas Hulu tidak mengalami kendala, hanya saja kesadaran orangtua sedikit mengalami penurunan dari sebelum masa pandemi.

" Semoga saja pademi COVID - 19 segera berlalu agar aktivitas pelayanan berjalan normal seperti biasanya," harap Ade.


Baca juga: Dewan minta Dinkes Kota Pontianak tetap maksimalkan layanan imunisasi
Baca juga: Jangan tunda vaksinasi saat pandemi corona
Baca juga: Imunisasi bayi harus tetap jalan selama pandemi COVID-19
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020