Angin kencang disertai hujan deras di Kota Putussibau, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Kamis (16/7) sekitar pukul 14. 40 WIB menumbangkan sebuah pohon besar di jalan Kopral, Kampung Prajurit, Kecamatan Putussibau Utara daerah setempat.

" Angin kencang dan hujan deras satu pohon mangga besar tumbang menimpa kabel listrik, kabel telepon dan telkom, saat ini Tim reaksi cepat pramuka dan Badan penanggulangan bencana daerah beserta warga bersama - sama membersihkan pohon tersebut," kata Ketua Tim Reaksi Cepat Pramuka Kapuas Hulu, Aliyanto dihubungi ANTARA, di Putussibau, Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Aliyanto, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, sementara warga langsung menghubungi pihak PLN dan pihak terkait lainnya untuk fasilitas umum yang tertimpa pohon tersebut.

Baca juga: Kapuas Hulu berstatus siaga darurat bencana

Menurut dia, beberapa hari terakhir cuaca di Kapuas Hulu cukup ekstrim, curah hujan yang cukup tinggi juga menyebabkan sungai Kapuas meluap dan sejumlah daerah terendam banjir.

" Masyarakat mesti waspada terhadap bencana alam, baik itu angin kencang, banjir mau pun longsor," kata Aliyanto.

Saat ini kata Aliyanto, sejumlah banjir merendam Kecamatan Putussibau Selatan, Putussibau Utara, Bika, Embaloh Hilir dan pesisir sungai Kapuas.

" Rumah warga sejak semalam sudah ada yang terendam banjir, kamj imbau masyarakat waspada banjir besar karena cuaca masih ekstrim," pesan Aliyanto.

Baca juga: Angin puting beliung rusak belasan rumah di Pontianak Timur
Baca juga: Angin kencang melanda Pontianak, dua pengendara sepeda motor tertimpa dahan
Baca juga: Atap kamar tahanan Lapas Meulaboh diterbangkan angin puting beliung
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020