Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pontianak untuk kembali menggelar Apel Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan di lapangan Rutan Pontianak, pada Jumat (17/7). Yang bertindak sebagai pembina Apel yaitu Kepala Rutan (Muhammad Yani), Perwira Apel (Rinaldi Prasetyo), diikuti oleh pejabat struktural, pejabat fungsional, pegawai dan warga binaan Rutan Pontianak.

Apel dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 08.30 WIB dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kecintaan kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Apel ini akan menjadi agenda rutin dilaksanakan oleh bagian Pelayanan Tahanan Rutan Pontianak. Dengan adanya Apel tersebut diharapkan semua unsur terutama antara Petugas dan warga binaan bisa lebih memahami makna hakikat Berbangsa dan Bernegara.

Baca juga: Tim Rutan Putussibau temukan senjata tajam di ruang tahanan

Hal yang perlu kita ingat, modal dasar melaksanakan pembangunan ialah Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI di tambah Wawasan Nusantara sebagai geopolitik dan ketahanan nasional sebagai geostrategi.

Dalam amanatnya, Muhammad Yani menyampaikan bahwa Apel Hari Kesadaran Berbangsa dan Bernegara yang akan rutin kita peringati setiap tanggal 17 memiliki makna yang sangat penting untuk memantapkan kualitas pengabdian juga meningkatkan kecintaan kepada Bangsa dan Negara.

Yani mengingatkan dan mengatakan akan menindak tegas bagi oknum petugas dan warga binaan yang melakukan peredaran gelap narkotika di Rutan Pontianak.

Yani melanjutkan amanatnya untuk warga binaan tentang kunjungan bahwa Rutan Pontianak melaksanakan sesuai dengan perintah dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), untuk sementara belum bisa dilaksanakan mengingat wabah COVID-19 masih menyebar.

"Jika ada perintah dari Dirjenpas untuk melaksanakan kunjungan, kita langsung laksanakan sesuai perintah", ungkapnya.

Yani menambahkan bahwa seluruh pelayanan di Rutan Pontianak tidak ada pungutan atau gratis baik pelayanan asimilasi, cuti bersyarat, cuti menjelang bebas dan bebas bersyarat.

Selanjutnya Yani mengakhiri dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai dan warga binaan yang mengikuti Apel sehingga Apel berlangsung aman dan tertib.

Baca juga: Tahanan kabur, Rutan Padang koordinasi TNI/Polri
Baca juga: Tahanan terinfeksi COVID-19 dievakuasi ke RSUD Abepura
Baca juga: Hari lahir Pancasila ASN Rutan Pontianak kibarkan bendera di rumah

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020