Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Gunawan mengatakan untuk saat ini banjir di Kapuas Hulu sudah merendam 100 rumah di lima kecamatan di daerah tersebut. 

" Saat ini sudah ada kurang lebih 100 lebih rumah di Kapuas Hulu terendam banjir, sejumlah titik jalan nasional di wilayah Kapuas Hulu juga sudah terendam air," kata Gunawan, dihubungi ANTARA, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu.

Disampaikan Gunawan, atas laporan dari kecamatan saat ini ada lima kecamatan yang sudah terendam banjir yaitu Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bika, Kalis dan Kecamatan Embaloh Hilir.

 
Banjir di Kapuas Hulu (Foto ANTARA/Timotius)


Menurut dia, di Kecamatan Putussibau Utata banjir menggenani Kelurahan Hilir Kantor, Kelurahan Putussibau Kota, Desa Pala Pulau, Mendalam dan Sambus.

Kecamatan Putussibau Selatan di Kelurahan Kedamin Hilir, Desa Sungai Uluk, Jaras, Kampung Jati dan Desa Bungan.

Kecamatan Bika banjir merendam Desa Teluk Sindur, Ujung Pinang, Bika, Nanga Mandai, Penyeluang dan Desa Jelemuk.

 
Banjir di Kapuas Hulu (Foto ANTARA/Timotius)




Kecamatan Embaloh Hilir banjir juga merendam Desa Ujung Bayur dan Desa Nanga Embaloh, sedangkan Kecamatan Kalis banjir terjadi di Desa Nanga Kalis.

" Curah hujan di Kapuas Hulu masih cukup tinggi, jadi di prediksi banjir akan semakin meluas, kami minta masyarakat waspada banjir besar," kata Gunawan.

Dengan kondisi banjir saat ini, Gunawan meminta masing - masing pihak kecamatan segera melaporkan kondisi dan perkembangan bencana di daerahnya.

 
Sejumlah rumah warga Kecamatan Putussibau Selatan, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat terendam banjir, Minggu (13/9 - 2020). (Foto ANTARA/Timotius)



" Kami melakukan kaji cepat, evakuasi dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan yang terdampak banjir dan kami minta pihak kecamatan selalu update melaporkan perkembangan banjir," pinta Gunawan.

Pewarta: T Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020