Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat meminta agar perusahaan perkebunan kelapa sawit memanfaatkan anggaran Corporate social responsibility (CSR) atau dana sosial untuk membantu pemerintah melakukan pemeliharaan jalan provinsi yang ada di wilayah setempat.
 
"Kami di daerah mengadopsi program pemerintah provinsi yang melakukan kolaborasi dengan pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit, untuk menangani jalan porvinsi di daerah ini," kata Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir, di Putussibau wilayah Kapuas Hulu, Kamis.
 
Disampaikan Nasir, sebagai tindaklanjut program pemerintah provinsi tersebut, Pemkab Kapuas Hulu telah melaksanakan rapat dengan pihak perusahaan perkebunan sawit yang ada di Kapuas Hulu pada Rabu (4/11/2020).
 
Menurut dia, di Kapuas Hulu jalan yang berstatus jalan provinsi Kalbar terdapat di ruas jalan simpang Sejiram sampai Semitau dan Semitau sampai Suhaid.
 
"Jalan ini sangat penting untuk menunjang sektor ekonomi, sosial dan pemerintahan. Apabila akses jalan mantap, dengan sendirinya aktivitas masyarakat juga lancar, roda perekonomian pun berjalan baik," kata Nasir.
 
Sementara itu, Perwakilan perusahaan sawit PT Kencana Group Agus Pamungkas mengatakan, pihaknya siap melaksanakan kerja sama dengan pemerintah melalui kesepakatan (MoU) dalam melakukan pemeliharaan infrastruktur sesuai kemampuan perusahaan.
 
"Intinya kita siap bersama pemerintah membangun bidang infrastruktur, kami pastikan dulu jalan mana yang ditangani," kata Agus Pamungkas.
 
Ia mengatakan, selama ini Kencana Group telah melaksanakan CSR membantu masyarakat di sekitar kawasan perkebunan kelapa sawit.
 
"Kami hanya bersifat perbaikan sementara dan langsung berurusan ke desa, tapi kalau MoU nantinya, Kencana Group akan mengikuti semua arahan untuk bersama pemerintah dalam penanganan infrastruktur," ucap Agus Pamungkas.
 
Hal senada dikatakan perwakilan PT Sinarmas Group Ade Sinaga, bahwa pihaknya siap membantu pemerintah dalam menangani infrastruktur jalan.
 
"Selama ini pun kami telah menyalurkan CSR. Kami juga sudah membuka sejumlah akses jalan di sekitar kawasan perusahaan, sehingga pada prinsipnya siap membantu pemerintah sesuai arahan dan kemampuan perusahaan," kata Ade Sinaga. ***3***
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020