Dalam upaya membantu pemerintah mencegah meluasnya pendemi COVID-19, Kodim 1015/Sampit membagi-bagikan masker secara gratis kepada masyarakat. Tidak hanya itu upaya percepatan penanganan di wilayah Kalimantan Tengah, Kodim 1015/Spt juga melaksanakan Pencanangan Satgas Desa Tangkal COVID-19 yang digelar di Balai Desa Bangun Harja Kecamatan Saruan Hilir Timur.

"Saya didampingin Ketua Persit KCK Cabang XLI Kodim 1015/Spt Ny. Dini Handayani dalam kesempatan ini juga membagian masker secara gratis di seluruh wilayah Kodim 1015/Spt diantaranya Kabupaten Seruyan yang menyasar pasar besar seruyan jalan Mayjen Suprapto, Kuala Pembuang Satu, Kecamatan Seruyan Hilir," kata Dandim 1015/Spt Letkol Czi Achmad Safari, di Sampit, Kamis.

Dandim 1015/Spt mengatakan, pencanangan Satgas Desa Tangkal COVID-19 di Kabupaten Seruyan ini ditandai dengan penyerahan pembagian masker secara gratis di pasar Besar Seruyan

Dia menjelaskan, pencanangan Satgas Desa Tangkal COVID-19 dilatarbelakangi adanya petunjuk Satgas Covid-19 Pusat serta pertimbangannya terkait kasus terkonfirmasi di wilayah Kabupaten Seruyan sudah mulai meningkat

“Kita harus melakukan upaya-upaya secara cepat, dengan pencanangan Satgas Tangkal COVID-19 sampai di tingkat desa bahkan sampai tingkat RT,” jelas Dandim 1015/Spt Letkol Czi Achmad Safari.

Letkol Czi Achmad Safari berharap, dengan Satgas sampai ditingkat desa nantinya diharapkan dapat mensitimulus individu-individu di masyarakat agar memiliki kesadaran melaksanakan protokol kesehatan khususnya 3 M

“Bagaimana masyarakat selalu menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak. Hal inilah yang harus menjadi budaya,” katanya.

Ditambahkanyan, dengan kegiatan ini diharapkan tingkat kesadaran masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan bisa menjadi suatu kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian apabila ini sudah tercapai, otomatis adaptasi kebiasaan baru akan terwujud.

"Kalau ini semua sudah terwujud kita aman dari Covid pasti akan produktif masyarakatnya,” pungkasnya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020