Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu Kalimantan Barat Ahmad Yani mengatakan debat terbuka pasangan calon (Palson) Pilkada Kapuas Hulu 20 Nopember 2020 mendatang di Pontianak akan dibagi menjadi enam segmen dan salah satu materi debat juga terkait COVID-19.

"Masing-masing Paslon akan menjawab pertanyaan dari tim penyusun materi sebagai pendalaman visi misi Paslon dan ada juga materi terkait COVID-19," kata Ahmad Yani, dihubungi ANTARA, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Yani, debat terbuka akan dilaksanakan pada Jumat (20/11/2020) pukul 19.00 WIB sampai selesai, di Ballroom Hotel Haris Pontianak, yang akan disiarkan langsung di Ruai TV, Streaming Youtube Ruai TV, Facebook KPU Kapuas hulu dan Relay RRI Sintang.

Menurut dia, dalam debat Palson Pilkada Kapuas Hulu itu dibagi enam segmen yaitu
pemaparan visi dan misi serta program kerja Paslon.

Kemudian, pendalaman visi dan misi dengan menjawab pertanyaan dari tim penyusun materi.

Selain itu, debat antar Paslon, dimana paslon diberikan kesempatan untuk saling bertanya, menjawab dan menyanggah. Juga akan ada materi terkait COVID-19.

"Tim penyusun materi merupakan orang-orang pilihan dengan latar belakang kepakaran dari unsur akademisi, professional dan tokoh masyarakat," jelas Yani.

Dikatakan Yani, debat terbuka Paslon itu mengacu kepada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 465/Pl.02.4-Kpt/06/KPU/IX/2020 Tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

"Jadi melalui debat terbuka Paslon itu, masyarakat pemilih dapat mengetahui visi misi dan program kerja Paslon, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya," ucap Yani.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk mengikuti siaran langsung debat terbuka Palson dari rumahnya masing-masing bisa melalui siaran Ruai TV, Streaming Youtube Ruai TV, Facebook KPU Kapuas hulu dan juga Relay RRI Sintang.

"Mari kita sukseskan setiap tahapan hingga pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, bagi yang melaksanakan nonton bareng, kami imbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, jaga keamanan dan ketertiban untuk kesuksesan Pilkada Kapuas Hulu," pesan Yani.

Dalam Pilkada Kapuas Hulu ada tiga pasangan calon, yaitu Paslon nomor urut satu (Hamdi Jafar-John Itang), Paslon nomor urut dua (Baiduri-Rufina Sedang) dan Paslon nomor urut tiga (Fransiskus Diaan-Wahyudi Hidayat).

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020