Komisi Pemilihan Umum Kapuas Hulu Kalimantan Barat siap menggelar rapat pleno rekapitulasi perhitungan hasil suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu pada Pilkada serentak Tahun 2020.

" Sesuai rencana rapat pleno rekapitulasi perhitungan hasil suara akan dilaksanakan Rabu (16/12/2020) di Gedung DPRD Kapuas Hulu secara terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Ketua KPU Kapuas Hulu Ahmad Yani, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Yani, rekapitulasi tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 23 kecamatan wilayah Kapuas Hulu sudah selesai, sehingga sesuai tahapan akan dilaksanakan pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten.

Menurut dia, dalam kesiapan rapat pleno tersebut KPU Kapuas Hulu telah melaksanakan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti pihak kepolisian, TNI, Bawaslu Kapuas Hulu serta pemerintah daerah.

"Proses Pilkada di Kapuas Hulu secara umum berjalan aman dan sukses, kita tinggal menunggu hasil perolehan suara dan penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu terpilih," kata Yani.

Ia mengakui tahap pemungutan suara 9 Desember 2020 lalu mendapat animo masyarakat cukup tinggi, meski pun ada satu TPS yang mesti melaksanakan pemungutan suara ulang atas adanya temuan dari Bawaslu Kapuas Hulu terkait pemilih di wakilkan.

Kemudian, di TPS 01 Dusun Geruguk Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang pemungutan suara di TPS hanya dilakukan oleh panitia pemungutan suara, sedangkan warga setempat memilih tidak menggunakan hak pilih, karena memang persoalan pembangunan listrik.

"Tetapi secara umum pelaksanaan Pilkada Kapuas Hulu aman, damai dan sehat," jelas Yani.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020