Sebanyak 116 desa terpencil di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mengusulkan menara mini untuk jaringan telekomunikasi di daerah tersebut ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).
 
"Usulan dari 116 desa terpencil untuk menara mini di Kapuas Hulu sudah kami sampaikan ke Kemenkominfo," kata Kepala Bidang Statistik dan Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kapuas Hulu Hambali di Putussibau, Selasa.
 
Hambali mengemukakan setelah diusulkan, pemerintah pusat yang akan menentukan apakah akan dibangun atau tidak, pihaknya hanya memfasilitasi saja.
 
 
Ia mengakui dari 278 desa di Kapuas Hulu, sudah ada beberapa desa yang sudah dibangun menara mini oleh Kemenkominfo. Saat ini tinggal 116 desa dan dalam pengusulan.
 
"Dengan adanya jaringan telekomunikasi di desa tentu saja membantu dan memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan sarana telekomunikasi, apalagi saat ini telekomunikasi adalah suatu kebutuhan," ucap Hambali.
 
Dia berharap usulan pembangunan menara mini itu di kabulkan oleh pemerintah pusat, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan perkembangan teknologi.
 
 
"Kita harapkan banyak desa yang bisa dibangun menara mini dan jaringan telekomunikasi rata-rata menjadi keluhan masyarakat, apalagi Kapuas Hulu merupakan kabupaten perbatasan," kata Hambali.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021