Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi mengatakan bahwa hampir seluruh komite sekolah sudah sepakat untuk melaksanakan kembali pembelajaran tatap muka di sekolah.

"Komite sekolah sepakat dan setuju, bahkan mereka bersedia bertanggung jawab untuk pembelajaran tatap muka," kata Petrus di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu di Provinsi Kalimantan Barat, Kamis.

Baca juga: Pembelajaran tatap muka ditiadakan sampai 15 Februari

Ia mengatakan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sedang mempersiapkan pelaksanaan kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah pada masa pandemi COVID-19 harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Oleh karena itu, Petrus meminta pengelola sekolah mempersiapkan fasilitas pendukung penerapan protokol kesehatan seperti tempat mencuci tangan dan alat ukur suhu tubuh.

Baca juga: Kapuas Hulu tunda belajar tatap muka di sekolah

"Kita harus memahami kondisi pandemi COVID-19, tetapi di sisi lain juga kita harus tetap memperhatikan dunia pendidikan anak-anak kita," katanya. 

"Setelah semua sudah siap, tentunya sekolah tatap muka akan kita laksanakan dengan catatan protokol kesehatan harus dijalankan," ia menambahkan.

Ia juga mengatakan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengevaluasi pembelajaran dari jarak jauh via daring yang dilaksanakan untuk meminimalkan risiko penularan virus corona pada masa pandemi COVID-19.

"Selama ini memang kita dihadapkan dengan kondisi yang serba salah pada masa pandemi COVID-19, tetapi kami juga banyak mendapat keluhan terkait pembelajaran daring," katanya, menambahkan, pelaksanaan pembelajaran via daring selama ini sering terkendala ketersediaan akses internet.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya tunda pembelajaran tatap muka meski 98 persen sekolah siap
Baca juga: Pontianak siap laksanakan pembelajaran tatap mulai awal Januari 2021
Baca juga: Disdik Kalbar minta sekolah bersiap melaksanakan pembelajaran tatap muka
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021