Ruas jalan nasional Putussibau-Kalis wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat rencananya akan dibangun menyerupai jalan tol layang dengan anggaran puluhan miliar rupiah.

"Jalan Putussibau-Kalis itu gambut dengan kedalaman 19 meter, maka jalan itu akan dibangun seperti jalan tol, jika hanya ditimbun jalan itu akan kembali terbenam, sehingga harus bertiang," kata Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, saat kunjungan kerja ke Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu.

Disampaikan Lasarus, anggaran yang sudah ada kurang lebih Rp30 miliar hingga Rp40 miliar, namun belum bisa dilaksanakan, karena memang harus dilakukan perencanaan untuk pembangunan menggunakan tiang pancang.

Menurut dia, apabila jalan tersebut tidak ditangani khusus, maka dengan kedalaman gambut sekitar 19 meter tidak mungkin harus ditimbun. 

"Jadi tinggal tunggu saja, nanti pembangunan jalan Putussibau-Kalis, itu sudah kami anggarkan," jelas Lasarus.

Selain itu, ruas jalan nasional dari Kabupaten Sintang hingga daerah perbatasan wilayah Kapuas Hulu akan terus dibangun.

Dikatakan dia, ruas jalan yang ada saat ini masih sempit, sehingga setiap tahun ruas jalan nasional akan terus di lebarkan.

" Saya rasa sangat luar biasa perhatian pemerintah pusat untuk daerah perbatasan khususnya wilayah Kapuas Hulu," kata Lasarus.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021