Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak secara resmi melaksanakan kunjungan kerja ke Pemkab Kapuas Hulu Kalimantan Barat salah satu yang dibahas yaitu arahan presiden terkait perampingan organisasi pemerintahan di daerah.

" Reformasi birokrasi atau perampingan organisasi di jajaran pemerintahan  tentunya menjadi fundamental mempengaruhi banyak aspek, untuk itu kami ingin berbagi pengalaman dengan Pemkab Kapuas Hulu terkait pengelolaan pemerintahan," kata Bupati Landak Karolin Margret Natasa, di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Karolin, terkait dengan reformasi birokrasi, Presiden Jokowi telah melakukan penyederhanaan reformasi birokrasi dengan tujuan agar pemerintahan lebih ramping, bahkan dibuat pola jabatan struktural menjadi fungsional.

Menurut dia, dengan kondisi tersebut tentu akan berdampak terhadap anggaran dan sistem pemerintahan itu sendiri.

Mantan Anggota DPR RI itu, yakin dengan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kapuas Hulu mampu melaksanakan reformasi birokrasi, apalagi Kapuas Hulu merupakan salah satu kabupaten tua di Kalbar.

"Kami ingin mengetahui tentang pengelolaan pemerintahan dengan kondisi saat ini, kenapa kami memilih ke Kapuas Hulu karena Kapuas Hulu merupakan kabupaten tua di Kalbar, wajar saja jika SDM nya sudah mapan, kami ingin belajar dan berbagi pengalaman," ucap Karolin.

Saat ini, kata Karolin regulasi di pemerintahan begitu cepat mengalami perubahan, sehingga jajaran di birokrasi harus cepat juga menyesuaikan.

" Peraturan cepat berubah, maka kita jajaran birokrasi cepat menyesuaikan diri dengan peraturan dan kondisi yang ada serta mengedepankan koordinasi dan komunikasi sehingga bisa menerima arahan dengan baik, agar terwujud pemerintahan yang yang bersih bebas korupsi," kata Karolin.
 
Bupati Landak Karolin Margaret Natasa saat menyampaikan sambutan dalam rangka kunjungan kerjanya ke Kapuas Hulu, Kamis (18/3/2021). (FOTO ANTARA/Timotius)


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan kondisi secara umum Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.

Menurut Fransiskus, terkait reformasi birokrasi di Kapuas Hulu memang akan ada penyederhanaan atau pun perampingan birokrasi dari struktural ke fungsional.

" Kami akan melaksanakan arahan Bapak presiden terkait reformasi birokrasi tentunya akan menyesuaikan dengan kebutuhan di daerah," kata Fransiskus.

Fransiskus menyebutkan, dalam pengelolaan reformasi birokrasi pemerintahan perlu kerjasama semua pihak, yang tentunya juga mengacu kepada visi dan misi Kapuas Hulu Hebat yaitu harmonis, energik, berdaya saing, amanah dan terampil.

Ia mengatakan salah satu percepatan pembangunan yaitu pada delapan area pengembang reformasi birokrasi pemerintahan, manajemen pemerintahan, peningkatan manajemen aparatur dan lainnya.

" Untuk memenuhi kebutuhan aparatur di pemerintahan juga kami sudah mengusulkan formasi CPNS ke pemerintah pusat dengan harapan usulan tersebut terpenuhi sesuai kebutuhan di daerah," ucap Fransiskus Diaan yang biasa disapa Sis.

Ia berharap dengan adanya kunjungan kerja Pemkab Landak dapat terjalin silahturahmi serta saling berbagi pengalaman dalam pengelolaan pemerintahan yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kapuas Hulu Bupati Landak juga membawa seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) didampingi Sekretaris Daerah Landak serta para staf ahli Bupati Landak.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021