Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kapuas Hulu Jumdikari menyatakan mendukung terhadap upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19, salah satunya dengan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 
"Saya rasa pemulihan ekonomi itu sangat penting terutama dalam pengembangan UMKM dan saya melihat masyarakat Kapuas Hulu banyak terbantu dengan nilai ekonomis dari tanaman Kratom," katanya di Putussibau Ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.
 
Disampaikan Jumdikari, dalam pemulihan ekonomi saat ini perlu di kembangkan usaha masyarakat dengan potensi yang ada di Kapuas Hulu seperti tamanan Kratom mau pun budidaya ikan Arwana.
 
Menurut dia, untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi usaha masyarakat juga perlu dukungan semua pihak termasuklah perbankan khususnya milik pemerintah.
 
" Di tengah pandemi COVID-19 saat ini perlu adanya kemudahan kepada pelaku usaha masyarakat (UMKM) terutama dari sisi finansial pengembangan modal usaha masyarakat, salah satu contoh kemudahan Kredit Usaha Rakyat (KUR)," kata dia.
 
Ia meminta pihak perbankan tidak semata-mata memberikan kemudahan modal usaha, namun turut andil dalam pembinaan serta pendampingan pengembangan usaha masyarakat.
 
Dikatakan Jumdikari, Kadin siap untuk memfasilitasi pengembangan usaha Kratom seperti halnya yang dilakukan Kadin Provinsi Kalimantan Barat dengan memfasilitasi ekspor Kratom keluar negeri.
 
Tidak hanya Kratom, potensi ikan Arwana juga suatu peluang usaha yang selama ini juga turut serta menumbuhkan ekonomi masyarakat baik penangkar mau pun pengusaha ikan Arwana.
 
" Dua tahun lalu harga anakan Arwana masih di atas Rp2 juta/ekor, tetapi sekarang hanya kisaran Rp1,4 juta/ekor, kondisi seperti itu seharusnya terus didorong agar harga bisa stabil," ucap Jumdikari.
 
Ia juga berharap pemerintah daerah terus mendorong dan memberikan pembinaan kepada para pelaku usaha terutama dengan adanya potensi Kratom dan penangkaran ikan Arwana.
 
" Jika potensi itu di kelola dengan baik dan ada terobosan, saya yakin bisa menambah pendapatan asli daerah dan kami Kadin siap mendukung pemerintah daerah untuk menggali potensi yang ada dalam rangka memulihkan ekonomi masyarakat," kata Jumdikari.
 
Ditambahkan Jumdikari, dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19, Kadin Kapuas Hulu juga telah berupaya dalam menyalurkan bantuan dari Kadin Provinsi Kalimantan Barat seperti alat pelindung diri diantaranya masker dan baju asmed.
 
" Kami sudah salurkan ke Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Diponegoro, sebagai upaya kepedulian Kadin membantu pemerintah dalam menanggulangi COVID-19," kata Jumdikari.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021