Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan mengajak partai politik yang ada di provinsi itu agar melakukan penguatan pendidikan politik bagi masyarakat

"Salah satu tugas partai politik adalah memberikan pendidikan politik kepada anggota partai dan masyarakat," katanya saat menghadiri kegiatan pembinaan 12 partai politik (Parpol) yang ada di Kalimantan Barat, di Pontianak, Selasa.

Ia menambahkan, sangat berharap pembinaan yang dilakukan dapat dimaksimalkan, agar masyarakat Kalbar semakin cerdas dan semakin memahami peran dan haknya dalam politik. Karena hal itu tentu akan semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menyukseskan berbagai agenda politik yang dilaksanakan.

Menurutnya, Pemprov Kalbar mempunyai kewajiban untuk memberikan pembinaan kepada seluruh partai politik yang ada di Kalbar. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan peran dan kapasitas partai politik melalui bantuan keuangan parpol yang diberikan.

Dia juga mengatakan tujuan dari pembinaan adalah untuk meningkatkan pemahaman parpol terkait bantuan keuangan dalam pencegahan pandemi COVID-19.

"Supaya partai politik yang ada di Kalbar ini ikut serta bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun Kalbar. Selain itu kita akan minta tanggung jawab peran partai-partai ini dalam membantu pemda mengatasi pencegahan COVID-19," tuturnya.

Ria Norsan juga mengatakan, pembinaan ini terfokus mengenai pembinaan laporan keuangan yang akan diberikan.

"Karena kami juga ada memberikan bantuan keuangan kepada partai, jadi akan diminta pertanggungjawaban dari uang yang diberikan kepada partai itu, apa saja yang digunakannya, dan harus membuat laporannya. Apabila laporannya sesuai dengan yang digunakan ter-akuntabel, itu artinya baik dan sesuai," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Sucia

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021