Bencana banjir yang kembali terjadi di sejumlah daerah wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat saat ini sudah merendam beberapa rumah penduduk, bahkan fasilitas umum seperti akses jalan di sejumlah kecamatan dan pasar di Kota Putussibau juga terendam banjir.

Pantauan ANTARA di lapangan Sabtu (4/9/2021) banjir sudah merendam sejumlah rumah penduduk di Teluk Barak Kelurahan Kedamin Hilir dan Desa Tanjung Jati Kecamatan Putussibau Selatan dengan kedalaman air mencapai satu hingga tiga meter di dataran rendah.

Tidak hanya itu, sejumlah daerah di dalam Kota Putussibau seperti dogom Kecamatan Putussibau Utara dan pasar Pagi Putussibau juga sudah terendam banjir.

Menyikapi, banjir yang kembali terjadi saat ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan.

"Laporan sementara yang kami terima, banjir saat ini cukup besar, sejumlah kecamatan terendam banjir, akses jalan terputus di sejumlah kecamatan," jelas Gunawan.

Disebutkan Gunawan, Disebutkan Gunawan, dari data sementara yang masuk ke BPBD Kapuas Hulu saat ini, banjir sudah merendam sejumlah daerah di Kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan, Kecamatan Bunut Hilir, Kecamatan Boyan Tanjung dan Kecamatan Kalis serta Kecamatan Bika.

"Curah hujan sejak Agustus hingga awal September ini memang cukup tinggi dan bulan Agustus kemarin banjir juga terjadi cukup dalam dan awal September ini banjir kembali lagi terjadi," ucap Gunawan.

Ia meminta para camat dan kepala desa proaktif melaporkan perkembangan banjir di daerahnya masing-masing.

"BPBD Kapuas Hulu bersama tim gabungan dan relawan terus melakukan monitoring dan membantu evakuasi warga terdampak banjir terutama di akses jalan Putussibau-Kalis," kata Gunawan.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021