Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meresmikan  Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di delapan kecamatan di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. 
 
Delapan Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Silat Hulu, Seberuang, Suhaid, Jongkong, Bunut Hilir, Mentebah, Bika dan Puskesmas Kalis.
 
"Delapan gedung puskesmas itu sudah dilengkapi dengan fasilitas kesehatan, dengan harapan dapat memberikan kenyamanan bagi petugas puskesmas dan memberikan pelayanan memuaskan kepada masyarakat," kata Fransiskus Diaan, saat peresmian delapan puskesmas yang dipusatkan di Kecamatan Silat Hulu wilayah Kapuas Hulu, Kamis.
 
Disampaikan Fransiskus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu telah menempatkan pembangunan kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan di Kapuas Hulu.

Baca juga: Wabup Kapuas Hulu ajak semua pihak jaga kerukunan umat beragama
Baca juga: Suku Dayak Banuaka' Taman Kalbar sepakati salam persatuan
 
 
Menurut dia, salah satu strategi yang dilaksanakan untuk peningkatan status kesehatan masyarakat itu adalah dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu.
 
"Pemenuhan sarana dan prasarana serta ketenagaan sangatlah penting untuk setiap puskesmas yang baru terbangun agar pelayanan kepada masyarakat menjadi maksimal," ucap Fransiskus.
 
Dikatakan Fransiskus, salah satu cara untuk menilai mutu dan kualitas pelayanan puskesmas adalah dengan akreditasi. Saat ini di Kapuas Hulu ada satu puskesmas terakreditasi paripurna, tujuh puskesmas terakreditasi madya, lima puskesmas terakreditasi utama, lima puskesmas terakreditasi dasar dan lima puskesmas yang belum terakreditasi.


Baca juga: Bupati Kapuas Hulu minta Kades dan BPD komitmen membangun desa
 
"Saya berharap dengan adanya gedung baru puskesmas tentunya ditunjang dengan sarana dan prasarana dan sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional agar 23 kecamatan sudah terakreditasi dan strata akreditasi puskesmas lebih ditingkatkan," kata dia.
 
Ia pun minta kepada seluruh petugas kesehatan agar terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik, pelayanan kesehatan yang ramah dan penuh empati serta pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat.


Baca juga: Suku Dayak Taman di Kapuas Hulu revisi hukum adat
Baca juga: Kapuas Hulu permudah pencairan BLT dana desa
Baca juga: Kades diminta optimalkan dana desa untuk COVID-19

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021