Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Tjhai Chui Mie mengajak kelompok tani untuk bisa memanfaatkan lahan kosong di daerah setempat untuk bercocok tanam.

"Saya berharap kepada semua kelompok tani agar tetap giat berusaha di bidang pertanian serta manfaatkan lahan kosong untuk ditanami dengan tanaman yang bermanfaat," ucap Wali kota  Tjhai Chui Mie, Kamis.

Dia juga meminta kepada kelompok tani untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya bantuan yang telah diberikan pemerintah, sehingga bantuan tersebut berdampak untuk meningkatkan produksi pertanian dan jika ada hambatan untuk meminta pendampingan penyuluh sampai usaha berhasil.

"Bapak Ibu petani semangat terus untuk berproduksi, semangat menanam, memelihara sampai dengan panen dengan hasil memuaskan. Pelihara mesin pertanian, infrastruktur pertanian dan gunakan bantuan benih yang telah diberikan," katanya.

Beberapa waktu lalu, Tjhai Chui Mie melaksanakan tanam perdana padi varietas Mira 1 dengan mesin transplanter di lahan Kelompok Tani Hidup Baru, Kelurahan Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur.

"Padi varietas mira 1 yang ditanam ini merupakan produksi oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan)," katanya.

Dia berharap, hasil panen varietas mira ini dapat meningkat dari yang semula rata-rata produksi 3,5 ton per hektar bisa menjadi 7 ton per hektar.

"Dengan demikian pendapatan petani dapat meningkat dan kehidupan keluarga semakin sejahtera. Hasil panen yang diperoleh dapat digunakan untuk konsumsi sendiri dan hasil penjualan digunakan kebutuhan lainnya," kata dia.

Dia mengajak untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam teknologi pertanian.

"Sekarang jamannya teknologi informasi, teknologi pertanian apapun ada di internet. Dengan kata lain dunia dalam genggaman kita," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021