Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalimantan Barat, Tenny C Soriton menyambut baik adanya peran aktif Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini (IAD) wilayah Kalbar dalam menyukseskan pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) dengan melakukan penyuluhan dan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi  KB di klinik Kejaksaan Tinggi Kalbar di Pontianak, Kamis (21/10).

"Menyukseskan program pembangunan pemerintah melalui pelaksanaan program KB itu bukan semata tanggungjawab BKKBN saja. Namun hal itu menjadi tanggungjawab bersama, antara BKKBN sebagai penanggungjawab utama dan dibantu para mitra kerja serta dukungan penuh dari masyarakat," kata Tenny C Soriton di Pontianak  Kamis.

Ia mengatakan, dengan kebersamaan semua pihak, BKKBN yakin pelaksanaan program KB di Kalbar dapat berjalan lancar. Sebab dengan lancar dan sukses pelaksanaan KB bukan hanya pada pelayanan alat kontrasepsi KB, namun juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi membentuk keluarga sehat, bahagia dan sejahtera termasuk didalamnya mencegah terjadinya kawin muda, kematian ibu dan anak serta terjadinya stunting.

"Untuk itu, saya sangat menyambut baik adanya kemitraan dalam pelaksanaan program KB seperti yang di lakukan oleh IAD Kalbar dan mitra-mitra kami lainnya. Kami akan selalu mengajak untuk bermitra kepada semua pihak agar kita menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kalbar yang berkualitas," ujar Tenny.

Ia menambahkan, sebuah kebanggaan jika inovasi Kejati Kalbar dapat diwujudkan dengan adanya pelayanan Adhyaksa KBKes. Inovasi ini bisa menjadi pertama kali di lakukan Kejati yang dimulai dari Kalbar.

Sementara itu, Ketua Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini Wilayah Kalbar, Ny. Ratu Masyhudi mengatakan kegiatan penyuluhan dan pelayanan alat konstrasepsi KB seperti ini agar dapat terus berkelanjutan. 

"Berkat dukungan dari pak Kajati dan kerjasama dengan BKKBN Kalbar, kami berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat semakin antusias kami lakukan. Dan yang paling penting karena tujuan kita sangat mulia, apa yang kita target bersama dapat benar-banar mencapai kemajuan pembangunan bangsa dan negara melalui pelaksanaan program KB di Kalbar," pungkasnya.


Baca juga: Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini Kalbar ikut berperan melaksanakan program KB
Baca juga: BKKBN ingatkan data pribadi hasil pendataan kependudukan jangan bocor
Baca juga: Wabup dukung pendataan keluarga tahun 2021 di Ketapang
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021