Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan berharap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru dilantik ini akan menjadi suatu garda depan untuk melakukan transformasi di masyarakat.

"Dari ini semoga masyarakat yang tidak paham menjadi paham. Tidak terakses kebijakan menjadi terakses, tidak terdidik dan tidak terlayani menjadi terdidik dan terlayani. Semua ini demi transformasi dan perubahan yang dilakukan di masyarakat," ujar Muda Mahendrawan saat diwawancarai usai kegiatan sumpah/janji PNS di halaman Kantor Bupati, Kubu Raya, Rabu.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya penuhi kewajiban pembinaan ASN dengan Corporate University

Muda Mahendrawan juga berharap semoga para guru dan tenaga medis berjuang benar-benar dengan panggilan nurani dan mengedepankan rasa tanggung jawab, bukan sekadar tugas.

"Kalau sekadar tugas mungkin hanya karena perintah hanya karena standar. Tugas itu sudah pasti karena itu sudah ada dalam tatanan. Tetapi jika bertanggung jawab, itu akan melaksanakan lebih dari apa yang diwajibkan. Karena rasa panggilan nurani untuk meregenerasi," ujarnya.

Untuk melakukan itu, Muda Mahendrawan mengatakan bahwa semua ASN harus banyak melakukan upaya-upaya dan inisiatif serta harus lebih kreatif dan inovatif di masyarakat.

Baca juga: Wabup Sujiwo ajak ASN Kubu Raya rutin lakukan donor darah

"Apalagi sekarang merdeka belajar, itu kan maksudnya adalah bagaimana mereka bisa melakukan upaya-upaya sebagai fasilitator dan bersikaplah rendah hati dalam artian mari kita perkuat murid kita supaya mereka bisa punya keberanian, percaya diri dan berkarakter," katanya.

Muda Mahendrawan berpesan, kalau kita ingin murid dan masyarakat kita berkarakter, kita pun sebagai ASN harus berkarakter tangguh dan jangan cengeng.

"Supaya masyarakat juga tangguh dan semuanya berjuang untuk kebaikan dan kelayakan," katanya.

Baca juga: Sekda Kubu Raya pastikan ASN tetap bekerja pada hari ini

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rian

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021